Jangan di-Skip! Selain Menjaga Energi Seharian, 6 Menu Sarapan Ini Efektif Wujudkan Berat Badan Ideal
Jangan Lewatkan sarapan Pagi Jika Anda ingin Terhindar dari Diabetes./Sarapan Pagi (Pixabay/Pexels)
21:30
19 April 2024

Jangan di-Skip! Selain Menjaga Energi Seharian, 6 Menu Sarapan Ini Efektif Wujudkan Berat Badan Ideal


Memiliki berat badan ideal dan tak berlebih adalah impian setiap orang.

Tak hanya ramping, seseorang dengan berat badan ideal terbukti memiliki daya tahan tubuh yang baik dan penampilan yang prima.

Dilansir dari Health Line, Jumat (19/2), salah satu cara meraih berat badan ideal adalah melalui makan sehat, terutama saat sarapan.

Ya, mengonsumsi makanan yang tepat saat sarapan dapat membuat merasa kenyang hingga makan siang dan meminimalkan keinginan ngemil.

Tentu saja, hal ini sangat efektif untuk mewujudkan impian memiliki berat badan ideal.

Nah, untuk mendapatkan menu sarapan yang tepat, berikut adalah 6 menu sarapan sehat yang baik untuk dijadikan pilihan.

1. Telur

Kaya akan protein, vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin, telur adalah pembangkit nutrisi yang sesungguhnya.

Berkat kandungan protein yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan ketika disantap saat sarapan untuk menurunkan berat badan secara serius.

Telur dapat diolah dengan cara direbus hingga orak-arik. Atau cobalah memasak dua atau tiga telur, kemudian gabungkan dengan porsi sayuran favorit untuk sarapan yang bergizi dan lezat.

2. Gandum

Gandum adalah komponen yang mengandung jumlah vitamin dan mineral yang terkonsentrasi, termasuk mangan, tiamin dan selenium.

Gandum juga tinggi serat, mengandung hampir 4 gram serat dalam setiap 1-ons (28-gram) porsi.

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dari biji-bijian sereal dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Selain itu, makan sereal berserat tinggi efektif untuk mengurangi nafsu makan dan asupan makanan, serta membantu menstabilkan gula darah setelah makan.

Cobalah menggunakan gandum sebagai taburan untuk bubur oatmeal, smoothies, atau yogurt untuk sarapan Anda.

3. Pisang

Tinggi serat tetapi rendah kalori, pisang merupakan alternatif yang bagus untuk sarapan di pagi hari. Satu pisang sedang memiliki lebih dari 100 kalori.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut untuk membuat merasa kenyang lebih lama.

Pisang dapat dimakan langsung atau diiris sebagai topping untuk yogurt, keju cottage atau oatmeal.

Anda juga dapat menambahkan pisang hijau yang belum matang ke smoothie pagi untuk mendapatkan pati resisten yang sehat.

4. Yoghurt

Creamy, lezat dan memuaskan, yogurt tergolong makanan sehat untuk diet penurunan berat badan.

Secara khusus, yogurt Yunani memberikan banyak protein dalam setiap porsi, menjadikannya makanan sarapan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Coba gabungkan satu cangkir (285 gram) yogurt Yunani dengan beberapa buah campuran, biji chia atau bibit gandum untuk sarapan yang bernutrisi tinggi.

5. Smoothie

Tidak hanya smoothies cara cepat dan mudah untuk mendapatkan dosis nutrisi yang terkonsentrasi, mereka juga berfungsi ganda sebagai makanan sarapan yang nyaman yang dapat mempercepat penurunan berat badan.

Mengisi smoothies dengan sayuran dan buah rendah kalori dapat meningkatkan asupan serat untuk membantu merasa kenyang lebih lama.

Campurkan satu cangkir (240 ml) susu dengan segenggam sayuran hijau, dua sendok makan (28 gram) biji chia dan satu cangkir (144 gram) stroberi. Nikmati smoothie sepanjang pagi untuk menahan ngemil dan ngidam.

6. Berries

Varietas Berry seperti stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry semuanya sangat padat gizi, yang berarti mereka rendah kalori tetapi dikemas dengan nutrisi penting.

Selain menyediakan banyak vitamin dan mineral penting, berry kaya serat, yang dapat mengurangi rasa lapar dan asupan makanan. Tambahkan buah berry ke smoothie, oatmeal, atau yoghurt saat sarapan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #skip #selain #menjaga #energi #seharian #menu #sarapan #efektif #wujudkan #berat #badan #ideal

KOMENTAR