Efek Samping MSG bagi Kesehatan, Mengungkap Fakta Seputar Monosodium Glutamat dan Dampak bagi Tubuh
Ilustrasi penggunaan MSG pada masakan (freepik.com)
07:15
16 Januari 2024

Efek Samping MSG bagi Kesehatan, Mengungkap Fakta Seputar Monosodium Glutamat dan Dampak bagi Tubuh

- Monosodium Glutamat (MSG) merupakan penambah rasa untuk menghasilkan rasa umami pada masakan.

Berbeda dengan penyedap rasa, MSG berfungsi sebagai penguat rasa, sedangkan penyedap rasa berguna untuk memberikan cita rasa.

Misalnya, penyedap rasa seperti kaldu jamur, apabila bertemu dengan MSG maka akan memperkuat rasa dari kaldu jamur.

Dilansir dari antaranews.com, mengkonsumsi MSG yang berlebih akan membahayakan kesehatan tubuh. Berikut efek samping MSG bagi kesehatan, dikutip dari beberapa sumber.

1. Efek Samping MSG bagi Kesehatan

Dilansir dari halodoc.com, menggunakan MSG secara berlebihan dapat memberikan efek gangguan pada hipersensitivitas, gangguan metabolisme tubuh, dampak buruk bagi otak, lemas, hingga tidak enak pada mulut, berikut penjelasan dari masing-masing efek samping MSG.

2. Hipersensitivitas

Penggunaan MSG secara berlebihan akan menyebabkan hipersensitivitas, merupakan kondisi sistem kekebalan tubuh yang bereaksi secara berlebihan.

Adapun gejala dari hipersensitivitas yaitu, banyak menghasilkan keringat, sakit kepala, kesemutan, mengalami mati rasa, hingga terasa terbakar pada bagian wajah, leher, dan bagian tubuh lainnya.

Biasanya kejadian seperti ini cukup umum terjadi, tetapi jika gejala tidak lekas membaik, akan berakibat fatal jika tidak segera mendapatkan bantuan dari tenaga medis.

3. Gangguan Metabolisme Tubuh

Gangguan metabolisme yang terjadi karena MSG yang berlebihan adalah resistensi insulin. Selain itu, menggunakan MSG berlebihan akan membuat kadar gula di dalam darah menjadi tinggi, serta mengakibatkan penyakit gula.

4. Dampak pada Otak

Kadar Glutamat di MSG yang terlalu banyak dapat memicu keracunan pada otak yang berakibat pada kematian pada sel.

Glutamat sebenarnya menjadi salah satu kandungan yang memiliki peran penting terhadap fungsi otak. Glutamat berguna untuk merangsang sel saraf mengirimkan sinyal.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi penggunaan agar tidak berlebihan yang mengakibatkan efek signifikan pada otak.

5. Lemas

Badan menjadi lemas adalah salah satu efek dari mengkonsumsi MSG yang berlebihan. Sebaliknya, mengonsumsi MSG dengan tepat, akan memberikan energi bagi tubuh.

6. Tidak Enak pada Mulut

Makanan mengandung MSG menimbulkan keinginan untuk memakan makanan secara terus menerus. Tetapi, rasa setelah makan dapat membuat mulut terasa tidak enak.

Hal tersebut akibat dari rasa umami yang tertinggal di mulut. Rasa tersebut tidak langsung hilang karena sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan rasa umami dari MSG.

Dilansir dari halodoc.com, salah satu cara untuk meredakan sensasi tidak enak pada mulut yaitu segera minum air hangat.

7. Berat Badan Bertambah

Dilansir dari antaranews.com, menggunakan MSG pada makanan yang menimbulkan rasa gurih dan lezat yang kuat, akan cenderung meningkatkan selera makan.

Hal tersebut memicu porsi makan yang berlebihan dan berdampak pada berat badan yang berpeluang mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, penting membatasi penggunaan MSG. Hal tersebut bertujuan untuk membatasi konsumsi makanan dengan kadar MSG yang berlebihan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #efek #samping #bagi #kesehatan #mengungkap #fakta #seputar #monosodium #glutamat #dampak #bagi #tubuh

KOMENTAR