4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Aman di Rumah
4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami./ Sumber foto: freepik.com
18:22
17 April 2024

4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Aman di Rumah

 - Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang umum terjadi.

Untuk diketahui, ada beberapa faktor yang memengaruhi gusi bengkak, salah satunya karena menyikat gigi yang terlalu keras.

Selain itu, terdapat faktor lain seperti kekurangan vitamin B dan vitamin C serta adanya infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Alhasil, gusi yang bengkak dapat membuat penderitanya kesulitan untuk makan.

Oleh karena itu, ada empat cara mengatasi gusi yang bengkak secara alami yang dapat dilakukan di rumah yang dilansir dari halodoc dan alodokter pada Rabu (17/4).

  1. Kumur dengan air garam

Cara pertama yaitu kamu dapat berkumur dengan menggunakan air garam atau air asin untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Diketahui bahwa garam memiliki kandungan yang dapat mencegah serta dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan gusi.

Untuk membuat cairan garam, kamu dapat menyiapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam. Lalu aduk hingga merata.

Kamu dapat kumur campuran air garam tersebut di dalam mulut dan buang ke wastafel setelahnya.

  1. Teh celup

Kamu dapat menggunakan teh celup karena memiliki kandungan anti-inflamasi untuk dapat menenangkan gusi yang membengkak.

Selain itu, teh celup juga dapat menyerap apapun yang menyebabkan iritasi pada gusi. Disaranakan untuk mengkonsumsi teh celup agar sakit gusi yang membengkak dapat reda.

  1. Berkumur dengan menggunakan minyak nabati

Selanjutnya yaitu untuk mengatasi gusi bengkak, kamu dapat berkumur dengan menggunakan minyak nabati seperti minyak kelapa.

Diketahui bahwa minyak nabati memiliki kandungan asam laurat yang bersifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengatasi gusi yang bengkak.

Untuk caranya, kamu dapat berkumur dengan air garam. Lalu ambil 1-2 sendok minyak nabati dan berkumur selama beberapa detik.

Namun kamu harus berhati-hati agar minyak nabati tidak tertelan, setelah selesai berkumur. Kamu dapat membuang minyak dan membersihkan mulut.

  1. Berkumur air rebusan daun jambu biji

Cara terakhir yaitu kamu dapat berkumur dengan air rebusan daun  jambu biji karena memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk mengatasi gusi bengkak.

Kamu dapat menumbuk 5-6 lembar daun biji jambu dan masukkan ke dalam air panas. Lalu dapat kamu masak dengan api kecil selama beberapa menit.

Setelah dingin, kamu dapat tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan jambu biji. Lalu berkumur selama 30 detik dan ulangi proses tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Itu dia informasi mengenai empat cara untuk mengatasi gusi bengkak secara alami di rumah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mengobati #gusi #bengkak #secara #alami #aman #rumah

KOMENTAR