Cara Alami Redakan Vertigo, Jangan Biarkan Vertigo Menganggu Momen Lebaran Bersama Keluarga
vertigo terjadi ketika terjadi kerusakan pada sistem pengatur keseimbangan tubuh. (istimewa)
23:50
8 April 2024

Cara Alami Redakan Vertigo, Jangan Biarkan Vertigo Menganggu Momen Lebaran Bersama Keluarga

 Pernahkah mengalami sensasi pusing yang disertai dengan perasaan ruangan berputar atau melayang? Jika iya, kemungkinan sedang mengalami vertigo.

Vertigo sendiri yaitu kondisi di mana seseorang merasakan sensasi kepala berputar yang kuat, sering disertai dengan rasa mual dan keinginan untuk muntah.

Penyebab vertigo dapat bermacam-macam. Dikutip dari klinikpintar, Senin (8/4), menurut dr. Nadia Devianca, Sp.N, seorang Spesialis Saraf Klinik Neuro Care, vertigo terjadi ketika terjadi kerusakan pada sistem pengatur keseimbangan tubuh, baik itu di telinga atau di sistem saraf pusat.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari vertigo, penting untuk berkonsultasi dengan dokter saraf terdekat guna mendapatkan diagnosis yang akurat. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya muncul saat mengalami vertigo.

- pusing

- sensasi berputar atau melayang

- kehilangan keseimbangan dan rasa akan terjatuh

- mual,muntah

- sakit kepala

- gangguan pendengaran atau berdenging di telinga.

Untuk cara mengatasinya, selain dari pengobatan medis, terdapat juga beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan gejala vertigo.

Obat alami vertigo yang bisa dicoba di rumah antara lain:

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mual yang dapat membantu meredakan gejala vertigo yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu, jahe juga dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Minum Banyak Air

Dehidrasi dapat memperburuk gejala vertigo, oleh karena itu penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri seperti peppermint dan jahe dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meredakan gejala vertigo seperti pusing dan mual.

Ada beberapa cara dalam penggunaan minyak atsiri, yakni:

Diffuser: Menambahkan beberapa tetes minyak atsiri ke diffuser dapat membantu menyebarkan aromanya ke seluruh ruangan dan memberikan efek terapeutik.

Topikal: Mengoleskan beberapa tetes minyak atsiri ke belakang leher, pelipis, atau telapak kaki dapat membantu meredakan gejala vertigo.

Mandi: Menambahkan beberapa tetes minyak atsiri ke air mandi dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Pijat Leher

Pijat leher dapat membantu merilekskan otot-otot tegang di sekitar leher dan bahu, serta mengurangi rasa pusing dan mual.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan gejala vertigo. Kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau ditambahkan ke dalam masakan.

Penting untuk diingat bahwa semua keluhan vertigo sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk menentukan penyebabnya dengan tepat. Penggunaan obat vertigo, baik itu alami maupun yang dijual bebas, haruslah sesuai dengan petunjuk dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena dapat mengganggu sistem keseimbangan tubuh jika digunakan secara tidak tepat.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #cara #alami #redakan #vertigo #jangan #biarkan #vertigo #menganggu #momen #lebaran #bersama #keluarga

KOMENTAR