Turunkan Berat Badan hingga Ideal degan Rutin Minum Teh Hijau, Simak Caranya!
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: freepik).
11:26
4 April 2024

Turunkan Berat Badan hingga Ideal degan Rutin Minum Teh Hijau, Simak Caranya!

 

Minum teh hijau secara teratur diyakini dapat mendukung penurunan berat badan.

Tentu saja, hal ini menjadikan teh hijau sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mencapai bentuk tubuh yang ideal.

Namun tidak sembarangan, penting untuk memperhatikan cara konsumsi teh hijau dengan benar agar tidak menimbulkan efek samping.

Salah satunya yakni, hindari mencampurkan bahan lain ke dalam teh hijau dan pahami waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan mengenai manfaat dan cara konsumsi teh hijau di bawah ini!

Dikutip dari alodokter.com, Kamis (4/4), teh hijau, yang merupakan varietas teh yang tidak mengalami proses fermentasi, kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam program penurunan berat badan. 

Kandungan katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga.

Selain itu, senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat merangsang produksi hormon yang mendukung pemecahan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Ini memungkinkan tubuh untuk membakar lemak lebih efisien, bahkan saat istirahat.

Studi juga menunjukkan bahwa kafein dalam teh hijau dapat membantu mengontrol nafsu makan, yang saat dikombinasikan dengan pola makan sehat, dapat mendukung proses penurunan berat badan.

Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Meskipun teh hijau merupakan pilihan minuman sehat dalam program diet, tidaklah cukup hanya mengandalkan minuman herbal ini untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan.

Penting untuk mengikuti pola hidup sehat secara menyeluruh agar program diet berjalan dengan optimal. 

Dikutip dari halodoc.com, berikut adalah beberapa tips dalam mengonsumsi teh hijau untuk program diet dan menjalani pola hidup sehat untuk mencapai berat badan yang ideal:

  1. Minum selagi hangat

Menikmati teh hijau dalam keadaan hangat lebih disarankan jika tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan.

Untuk memperoleh manfaat maksimal, sebaiknya seduh daun teh hijau asli dengan air panas pada suhu 80-90 derajat Celsius, kemudian biarkan sebentar hingga teh menjadi hangat sebelum diminum.

  1. Minum 3-4 kali sehari

Selain disarankan untuk diminum hangat, sebaiknya teh hijau dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari. Disarankan untuk meminumnya setelah sarapan untuk menghindari rangsangan asam lambung akibat konsumsi teh dalam keadaan perut kosong. 

Di siang hari, teh hijau dapat diminum lagi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah aktivitas padat.

Setelah makan malam, minumlah teh hijau kembali. Selain itu, teh hijau juga dapat dinikmati di sore hari setelah pulang bekerja, karena selain membantu dalam proses diet, juga memberikan kesegaran pada tubuh.

  1. Jangan tambahkan campuran apapun

Jika Anda menyukai matcha latte atau minuman olahan teh hijau lainnya, disarankan untuk menghindari penambahan campuran apapun seperti susu, madu, atau jeruk nipis saat sedang dalam program diet. 

Campuran tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori dalam teh hijau. Meskipun jeruk nipis terkenal memiliki efek penurunan berat badan, tetapi konsumsi teh hijau yang dicampur dengan jeruk nipis tidak disarankan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit maag. Lebih baik untuk mengonsumsi teh hijau murni jika tujuannya adalah menurunkan berat badan.

  1. Hindari minum sebelum tidur

Disarankan untuk menghindari minum teh hijau sebelum tidur saat sedang menjalani program diet. Meskipun teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi, tetap saja dapat mengganggu tidur jika diminum kurang dari 2 jam sebelum tidur, menyebabkan insomnia. 

Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan pembakaran lemak menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, lebih baik minum teh hijau setelah makan malam, idealnya sekitar 4 jam sebelum tidur, untuk mendukung program penurunan berat badan.

  1. Jangan hanya mengandalkan teh hijau

Metode konsumsi teh hijau yang telah dijelaskan sebelumnya memang dapat mendukung proses penurunan berat badan. Namun, penting untuk diingat bahwa teh hijau bukanlah solusi instan untuk mencapai berat badan yang ideal. Oleh karena itu, sebaiknya tidak hanya mengandalkan teh hijau semata.

Meskipun teh hijau mengandung EGCG yang dapat merangsang produksi hormon untuk mempercepat pembakaran lemak, tetap saja penting untuk memperhatikan pola makan secara keseluruhan. Dalam rangka menurunkan berat badan, penting untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori. Selain itu, olahraga rutin juga diperlukan untuk meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #turunkan #berat #badan #hingga #ideal #deganrutin #minum #hijau #simak #caranya

KOMENTAR