Niatnya Mencegah Dehidrasi, Ternyata Begini Dampak Bagi Tubuh Jika Terlalu Banyak Minum Air Putih saat Sahur
Ilustrasi minum air putih saat sahur (Pressfoto/Freepik)
18:28
2 April 2024

Niatnya Mencegah Dehidrasi, Ternyata Begini Dampak Bagi Tubuh Jika Terlalu Banyak Minum Air Putih saat Sahur

Di tengah semangat menjalankan ibadah puasa, kita seringkali berpikiran untuk memperbanyak minum air putih saat sahur guna mencegah dehidrasi saat seharian berpuasa. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata terlalu banyak minum air putih juga dapat berdampak pada jaringan tubuh?

Saat sahur, kecenderungan untuk mengkonsumsi banyak air putih mungkin terasa seperti langkah yang bijak. Namun, dibalik niat baik tersebut, terselip dampak yang mungkin tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Mari kita telusuri bersama apa saja dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika terlalu banyak minum air putih saat sahur.

Dilansir dari kanal YouTube resmi dr. Saddam Ismail, dalam salah satu video nya beliau menjelaskan bahwa jika kita mengkonsumsi air putih secara berlebihan, hal tersebut tidaklah baik untuk tubuh. Memang, dehidrasi juga berbahaya bahkan hingga mengancam nyawa, tetapi minum air putih berlebihan juga gak bagus.

Dianjurkan untuk minum air putih yang sedang – sedang saja, alias sesuai dengan takaran porsi yang diperlukan oleh tubuh. Jika terlalu banyak minum air putih, hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi turun kemudian natrium dalam darah juga bisa menurun jadi hiponatremia atau keracunan air.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena jika mengkonsumsi air secara berlebihan dalam satu waktu atau terburu – buru, misalnya minum 1 liter air sekaligus dalam satu kali minum itu dapat membahayakan sistem tubuh.

Jadi, dalam proses membuang cairan tubuh ginjal itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Kalau minum terlalu banyak, ginjal tidak bisa memproses semua cairan dalam tubuh untuk dibuang. Hal itu akan menyebabkan pembengkakan di bagian tangan dan kaki, pembengkakan ini berbahaya jika sampai ke otak.

Fungsi natrium dalam darah itu untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan sekitar sel. Makannya kalau terkena hiponatremia atau keracunan air, bisa terjadi ketidakseimbangan cairan yang akhirnya jadi bengkak.

Gejala dari orang yang mengalami keracunan air bisa mual, muntah, hingga diare. Gejala – gejala tersebut adalah upaya tubuh untuk membuang kelebihan air minum. Selain itu, tubuh juga merasa kelelahan, sakit kepala, dan terasa panas.

Selain itu, jika terlalu banyak minum air putih saat sahur, akan membuat kantung kemih terasa penuh sehingga mengharuskan bolak balik ke toilet untuk buang air kecil. Bagaimana tips supaya tidak mudah haus tanpa harus terlalu banyak minum air putih? Saat minum jangan terlalu cepat dan langsung banyak dalam satu waktu, pelan pelan saja.

Kemudian bisa check warna urine, jika warna nya kuning pekat hingga orange itu berarti kurang minum, tetapi jika warnanya sampai putih hingga bening itu berarti sudah terlalu banyak minum. Warna air urin yang baik ialah kuning muda yang menandakan cairan tubuh sudah diproses dengan lancar.

Lalu untuk memenuhi kebutuhan cairan 2 liter atau 8 gelas sehari saat menjalankan puasa, dianjurkan minum dengan cara berikut :

Masing – masing 1 gelas saat sahur dan berbuka; Masing – masing 1 gelas setelah sholat maghrib, isya, dan Tarawih; 1 gelas setelah makan; dan Masing - masing 1 gelas sebelum dan setelah bangun tidur.

Dengan total 8 gelas perhari, seharian berpuasa juga akan berjalan dengan lancar dan tidak perlu bolak balik ke toilet terus menerus di pagi hari setelah sahur karena terlalu banyak minum air putih.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #niatnya #mencegah #dehidrasi #ternyata #begini #dampak #bagi #tubuh #jika #terlalu #banyak #minum #putih #saat #sahur

KOMENTAR