Jangan Panik! Simak 6 Gejala Kehamilan yang Tidak Biasa, Ada Keputihan hingga Pendarahan Hidung
Ilustrasi wanita hamil (freepik/prostooleh)
08:53
1 April 2024

Jangan Panik! Simak 6 Gejala Kehamilan yang Tidak Biasa, Ada Keputihan hingga Pendarahan Hidung

Dalam fase kehamilan tentu beberapa orang mempunyai pengalaman unik yang harus dijalani.

Tak sedikit orang memahami gejala kehamilan secara umum seperti mual, muntah, dan sakit punggung.

Namun tidak semua orang mengalami gejala yang sama. Ada beberapa gejala kehamilan yang tidak biasa dan tidak disadari.

Bahkan gejala yang dialami itu terbilang aneh dan tidak ada kaitannya dengan kehamilan. Gejala-gejala tersebut perlu diperhatikan oleh calon orang tua agar tidak panik.

Dilansir dari laman Very Well Family, terdapat 6 gejala kehamilan yang tidak bisa dan tidak pada umumnya diantaranya :

1. Pendarahan hidung dan hidung tersumbat

Memang terdengar tidak ada kaitannya antara hidung dengan kehamilan yang terletak di Rahim.

Namun hal ini ternyata bisa menjadi gejala tidak biasa yang menunjukkan tanda kehamilan.

Pendarahan hidung ini biasa dikenal dengan istilah mimisan. Mimisan dan hidung tersumbat terjadi saat hamil karena adanya peningkatan aliran darah melalui hidung.

Cara mengatasi gejala ini adalah dengan pengobatan alami yaitu menggunakan pelembab udara untuk membilas saluran hidung dengan air garam. Apabila tak kunjung reda, maka sesegera mungkin untuk konsultasi dengan dokter.

2. Keputihan

Pada umumnya saat terjadi hamil, banyak orang berharap menstruasi berhenti karena tidak ada ovulasi. Namun beberapa orang tidak sadar bahwa ada kemungkinan adanya keputihan bahkan berlebih.

Kondisi ini dikenal dengan leukorea. Keputihan biasanya tidak berwarna dan berwarna putih serta tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, keputihan juga tidak berbau.

Apabila kondisi keputihan tidak seperti di atas maka penting untuk segera konsultasi dengan dokter atau bidan.

3. Insomnia

Gejala kehamilan yang tidak biasa lainnya adalah imsonia. Pada saat hamil beberapa orang mengalami susah tidur yang dipicu karena fase kehamilan merupakan salah satu fase yang menguras energi.

Gejala ini memang tidak terjadi di awal kehamilan namun biasanya muncul selama masa kehamilan di trimester pertama dan ketiga hingga masa nifas.

Insomnia disini diartikan sebagai bentuk kesulitan untuk tertidur atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

4. Gangguan gastrointestinal

Gejala kehamilan lain yang tidak biasa adalah sering bersendawa dan buang angin. Hal ini bisa terjadi karena hormon kehamilan bisa membuat saluran pencernaan berputar.

Hal tersebut membuat gejala bersendawa dan gas kerap dialami pada fase kehamilan terutama saat trimester pertama dan ketiga.

Adapun cara mengatasi gejala ini dengan cara menghindari makanan dan minuman seperti minuman yang berkarbonasi, sayuran lucifer, produk susu, makanan pedas hingga biji-bijian utuh.

5. Sakit pusar

Gejala lainnya adalah sakit perut seperti nyeri korset panggul atau rongga panggul. Hal ini terjadi karena pertumbuhan Rahim dan peregangan otot, kulit, tendon, saraf dan jaringan lain seiring dengan bertambahnya ukuran janin.

Hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan yang terkadang berpusat pada kulit perut dan area pusar sehingga menimbulkan rasa nyeri atau dikenal dengan istilah nyeri pusar.

6. Gusi berdarah

Gusi berdarah bisa menjadi gejala orang hamil karena perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke mulut yang bisa menyebabkan pembengkakan, peningkatan sensitivitas, dan pendarahan selama kehamilan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jangan #panik #simak #gejala #kehamilan #yang #tidak #biasa #keputihan #hingga #pendarahan #hidung

KOMENTAR