Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Apa Saja?
Ilustrasi buah naga. (Any Lane/pexels.com)
09:48
31 Maret 2024

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

- Terdapat banyak manfaat buah naga untuk sehatan tubuh yang memiliki banyak nilai gizi dan nutrisi mungkin belum Anda tahu. Buah naga merupakan buah yang mirip dengan tubuh naga dan tubuh pada kaktus pendakian yang dikenal sebagai Hylocereus, yang dapat ditemukan di daerah tropis, seperti Indonesia.

Kulit luar buah naga berwarna merah dan merah jambu atau kuning. Daunnya menyerupai naga dan memiliki duri yang menjulang seperti nyala api di sekitar buah.

Bagian dalam buah naga ada yang berwarna merah, putih dan bahkan kuning dengan bentuk setengah padat yang dapat dimakan dengan sendok dan rasanya manis. Beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang dikutip dari laman Care Hospital.

Nilai Gizi Buah Naga

170 gram buah naga kubus mengandung:
Kalori: 102
Karbohidrat: 22 gram
Protein: 2 gram
Lemak: 0 gram
Serat: 5 gram
Gula: 13 gram

Kandungan Vitamin dan Mineral Buah Naga

Vitamin A: 100 unit internasional (IU)
Vitamin C: 4 miligram
Kalsium: 31 miligram
Besi: 0,1 miligram
Magnesium: 68 miligram
Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah naga diketahui mampu mengendalikan diabetes, karena serat yang terkandung dalam buah yang menghindari lonjakan gula. Beberapa peneliti juga mengaitkan manfaat ini dengan kemampuannya menggantikan sel pankreas yang rusak.

Pankreas memproduksi insulin yang memecah gula. Oleh karena itu, buah naga dikaitkan dengan pengontrol gula.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Buah naga kaya akan antioksidan, flavonoid, asam fenolik, dan betasianin, yang menghambat kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan zat penyebab kanker dan penuaan dini, salah satu antioksidan utama adalah vitamin C yang mencegah penyakit kronis seperti diabetes, Alzheimer, Parkinson.

3. Meningkatkan Imunitas

Seperti disebutkan di atas, buah naga merupakan sumber utama dari Vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menyarankan mengkonsumsi 200 gram buah naga setiap hari dapat menangkal datangnya penyakit.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah naga mengandung prebiotik seperti oligosakarida yang mendorong pertumbuhan bakteri baik usus. Prebiotik ini membantu pencernaan makanan karena berada di saluran pencernaan bagian bawah, tempat mereka mendorong pertumbuhan bakteri baik usus.

Bakteri usus membantu memecah makanan dengan membuatnya mudah diserap. Mereka juga menyediakan vitamin yang melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Tubuh kita mengandung Hemoglobin (Hb) yang merupakan sel kaya zat besi, yang membantu mengangkut oksigen dari jantung ke bagian tubuh lainnya.

Buah naga merupakan sumber yang kaya zat besi dan karenanya membantu dalam pembuatan hemoglobin. Buah naga dengan daging buah berwarna merah mengandung betalain, yaitu pigmen unik yang mengandung nitrogen. Betalain secara unik dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung jintan hitam yang kaya akan omega-3 dan omega-9 yang baik untuk jantung dan menurunkan kemungkinan penyakit kardiovaskular.

6. Menunda Penuaan Kulit

Seperti yang disebutkan di atas, buah naga mengandung antioksidan yang membantu melawan penuaan akibat polusi, stres, pola makan yang buruk dan lainya.

Vitamin C pada buah naga selain bisa membantu meningkatkan kekebalan imunitas tubuh juga berguna untuk mencerahkan kulit sehingga bisa menunda penuaan pada kulit.

7. Baik untuk Rambut

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah naga setiap hari dengan susu dapat mengurangi kerusakan rambut akibat polusi dan pewarna buatan. Hal Itu juga membuat rambut kita lembut dan berkilau sehingga akan meningkatkan keindahan rambut.

8. Menyehatkan Tulang

Buah naga mengandung magnesium yang memperkuat tulang, membantu kita menghindari cedera dan rasa sakit yang berhubungan dengan usia tua. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi individu yang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit tulang untuk mengonsumsi buah naga secara rutin.

9. Menyehatkan Mata

Buah ini mengandung beta-karoten yang terurai menjadi Vitamin A. Lensa mata manusia kaya akan lutein, zeaxanthin, dan meso-zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata.

Penelitian menunjukkan bahwa manusia harus mengonsumsi 3 miligram hingga 6 miligram beta karoten setiap hari untuk mencegah penyakit mata.

10. Menyehatkan Kehamilan

Buah naga membantu menyehatkan kehamilan karena sebagai sumber lemak yang membantu menjaga tingkat energi yang tinggi dalam tubuh dan juga membantu perkembangan otak janin. Kemudian juga menjaga terhadap infeksi dan membantu regenerasi sel serta serat pada buah naga mencegah sembelit dan penyakit lambung lainnya pada ibu hamil.

Dan, terakhir bisa meningkatkan kadar hemoglobin, karena zat besi dalam buah naga membantu meningkatkan kapasitas sel darah untuk membawa oksigen.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #buah #naga #untuk #kesehatan #yang #perlu #diketahui #saja

KOMENTAR