4 Tips Mencegah Demam Berdarah, Salah Satunya Musnahkan Habitat Nyamuk
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi karena virus dengue yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. (Pixabay)
07:44
28 Maret 2024

4 Tips Mencegah Demam Berdarah, Salah Satunya Musnahkan Habitat Nyamuk

- Demam Berdarah Dengue (DBD) telah menjadi penyakit yang terkenal terutama di daerah tropis dan sub-tropis.

Maraknya penderita DBD di berbagai wilayah Indonesia akhir-akhir ini perlu menjadi prioritas bersama. Sebab, masih banyak orang yang belum mengetahui gejala dan ciri-ciri demam berdarah serta tips pencegahannya.

Demam berdarah terjadi karena virus dengue yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyebaran penyakit demam berdarah terjadi melalui nyamuk yang berkembang biak di daerah dengan banyak genangan air.

Maka dari itu, masalah kesehatan (DBD) ini harus diwaspadai. Pasalnya, DBD bisa menyebabkan pendarahan yang parah, penurunan tekanan darah, bahkan berujung pada kematian mendadak.

Dilansir dari laman halodoc.com dan kemkes, ada beberapa gejala dan ciri-ciri DBD yang perlu diwaspadai.

Di antaranya, demam tinggi mencapai 40 derajat Celcius, sakit kepala, nyeri pada otot, tulang, dan sendi, mual, muntah, rasa sakit di belakang mata, pembengkakan kelenjar getah bening, dan bintik-bintik merah pada kulit.

Lalu, gejala yang kerapkali terjadi pada penderita DBD adalah demam naik-turun. Biasanya demam akan turun sementara dan kambuh kembali, bahkan bisa lebih parah.

Hal inilah yang menyebabkan DBD sulit terdeteksi. Tak heran bila dalam beberapa kasus, gejala demam berdarah dapat memburuk dan mengancam jiwa.

Selain itu, virus tersebut juga menyebabkan penurunan jumlah trombosit pada tubuh secara drastis. Penurunan trombosit ini dapat menyebabkan gejala berikut ini.

1. Nyeri perut parah.
2. Muntah yang berlangsung terus-menerus (dalam beberapa kasus mengandung darah).
3. Pendarahan pada gusi atau hidung.
4. Urine dan tinja mengandung darah.
5. Perdarahan di bawah kulit yang ditandai dengan bintik-bintik atau memar.
6. Sesak napas.
7. Kulit terasa dingin atau basah.
8. Kelelahan.
9. Gelisah akibat ketidaknyamanan.

Jika mengalami gejala tersebut, segeralah untuk mengecek dan memeriksakan diri ke rumah sakit. Namun, alangkah lebih baik gejala dan ciri-ciri yang mengarah pada demam berdarah tidak terjadi pada diri kita maupun keluarga.

Selain gejala dan ciri-ciri demam berdarah, kita juga harus mengenali faktor risiko yang meningkatkan peluang terinfeksi penyakit DBD. Yakni, tinggal atau bepergian pada daerah tropis dan sub-tropis (Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik Barat, Amerika Latin, dan Karibia). Wilayah ini merupakan habitat nyamuk Aedes aegypti.

Kemudian, faktor lainnya yaitu pernah mengidap DBD sebelumnya, yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi kembali.

Pada dasarnya, salah satu langkah pencegahan penyakit DBD adalah vaksinasi. Para ahli kesehatan merekomendasikan vaksin ini untuk orang-orang yang berusia antara 9-45 tahun, terutama bagi mereka yang tinggal pada wilayah tropis dan sub-tropis. Pemberian vaksin terbagi menjadi tiga dosis selama 12 bulan.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa vaksin bukanlah langkah pencegahan yang efektif untuk DBD pada wilayah tropis dan sub- tropis. Langkah pencegahan terbaik adalah mengendalikan populasi nyamuk pada sekitar lingkungan tempat tinggal. 

Berikut ini 4 tips mencegah demam berdarah yang perlu dipahami oleh masyarakat. Khususnya untuk mengendalikan populasi dan menghindari gigitan nyamuk.

1. Menggunakan pendingin ruangan

Nyamuk demam berdarah akan lebih aktif saat matahari terbit hingga terbenam. Untuk itu, memakai pendingin ruangan saat cuaca panas dapat mengurangi risiko penyebaran nyamuk, sebab nyamuk tidak menyukai udara dingin.

2. Mengenakan pakaian tertutup

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah tropis dan sub-tropis, tips memakai pakaian yang tertutup untuk mencegah DBD cukup efektif. Misalnya menggunakan baju hingga celana panjang, kaos kaki, dan sepatu.

3. Menyalakan obat nyamuk

Sekarang ini tersedia banyak jenis obat nyamuk. Mulai dari semprotan, bakar, dan lotion. Semprotkan atau oleskan lotion nyamuk sebelum tidur. Ketika musim hujan tiba, mungkin perlu menggunakan lotion nyamuk lebih sering karena hewan tersebut akan lebih mudah berkembang biak selama musim hujan.

4. Memusnahkan habitat nyamuk

Nyamuk biasanya berkembang biak pada genangan air sekitar rumah. Contohnya pada got, pot tanaman, wadah air, dan kolam.

Untuk itu, bersihkan kolam dan semua wadah air setidaknya seminggu sekali. Selain itu, jangan lupa untuk membuang atau menjauhkan barang-barang bekas yang dapat menampung air. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #mencegah #demam #berdarah #salah #satunya #musnahkan #habitat #nyamuk

KOMENTAR