Kenali 8 Ciri-ciri Anak Memiliki IQ Jenius dan Cerdas, Punya Self Awareness Hingga Perfeksionis yang Tinggi
Ciri-ciri Anak Memiliki IQ Jenius dan Cerdas (Freepik/jcomp)
09:53
26 Maret 2024

Kenali 8 Ciri-ciri Anak Memiliki IQ Jenius dan Cerdas, Punya Self Awareness Hingga Perfeksionis yang Tinggi

 

 

 – Memiliki anak dengan pertumbuhan dan perkembangan yang bagus terutama ber-IQ yang cerdas, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tua.

IQ sendiri diartikan sebagai skor atau standar angka untuk menilai tingkat kecerdasan mental atau kemampuan intelegensi seseorang berdasarkan rata-rata usia.

Pada umumnya anak yang memiliki IQ cerdas bisa dilihat dari kemampuan di sekolah atau di rumah. Ada beberapa anak yang memiliki daya tangkap terhadap materi di sekolah dengan sangat cepat.

Dilansir dari laman Nutriclub, terdapat 10 ciri-ciri anak yang memiliki IQ jenius dan cerdas diantaranya :

  1. Memiliki sifat idealis yang tinggi

Anak-anak yang memiliki IQ cerdas biasanya sifat idealisnya juga tinggi. Mereka mampu berpikir tentang cita-cita, visi dan misi ke depannya.

Tidak hanya itu, idealis ini muncul karena anak cerdas memiliki kelebihan pemahaman dan penalaran yang luar biasa.

  1. Perfeksionis sejak dini

Ciri kedua anak yang cerdas adalah memiliki perfeksionis yang tinggi. Rata-rata mereka akan memforsir dirinya dalam berusaha untuk mencapai hasil akhir yang diharapkan.

Untuk hal ini, tentu orang tua perlu mendampingi agar tidak terlalu fokus hanya pada hasil, namun juga memperhatikan kesehatan dan lain sebagainya.

  1. Memiliki empati yang tinggi

Anak yang cerdas memang memiliki empati yang tinggi baik ke sesama manusia maupun hewan. Karena empati yang tinggi ini tentu anak menjadi lebih memiliki rasa penuh kasih sayang.

  1. Memiliki self awareness yang tinggi

Self awareness ini merupakan sikap mawas diri. Anak yang cerdas cenderung memiliki sifat mawas diri yang tinggi.

Artinya mereka akan berfikir ribuan kali untuk melakukan sesuatu. Anak yang cerdas mampu menalar resiko atau akibat yang akan dikerjakan.

Namun, dibalik mawas diri yang tinggi, anak cerdas lebih mudah frustasi karena menerima kritikan atau pendapat yang disampaikan tidak diperhatikan.

  1. Memiliki daya tangkap dan daya ingat yang tinggi

Anak yang memiliki IQ cerdas dan jenius sudah pasti daya tangkap dan daya ingatnya juga tinggi. Mereka lebih mudah menangkap informasi dan mengingatnya. Sehingga tidak jarang anak yang cerdas selalu unggul di akademik sekolah.

  1. Mampu bernalar dan berpikir logis

Anak cerdas mampu berpikir logis dengan berbagai penalaran logika yang bagus. Baik dari segi pengetahuan maupun emosional.

  1. Individualis dan cepat bosan

Anak jenius cenderung lebih suka menyendiri dan individualis yang waktunya digunakan untuk berpikir memecahkan masalah serta belajar ilmu baru.

Namun dari sifat ini tentu memberikan rasa cepat bosan pada anak. Sehingga peran orang tua di sini sangat diperlukan, misalnya mengajak bermain ke luar rumah ataupun liburan.

  1. Memiliki atensi yang tinggi

Ciri selanjutnya anak yang cerdas yaitu memiliki atensi atau rentang perhatian yang tinggi untuk bidang ilmu yang dikuasai.

Editor: Kuswandi

Tag:  #kenali #ciri #ciri #anak #memiliki #jenius #cerdas #punya #self #awareness #hingga #perfeksionis #yang #tinggi

KOMENTAR