Mama Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab dan Gejala Alergi pada Anak, Begini Cara Mengatasinya
Anak bersin dan mengeluarkan ingus sebagai salah satu gejala alergi (freepik)
12:10
24 Maret 2024

Mama Jangan Panik! Kenali 5 Penyebab dan Gejala Alergi pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

 

 - Sistem imun atau kekebalan tubuh manusia bertugas melawan bakteri dan virus yang bisa beresiko menimbulkan infeksi.

Alergi makanan terjadi pada saat sistem imun salah mendeteksi protein makanan sebagai benda asing yang berbahaya.

Reaksi alergi yang ditimbulkan setiap orang tentu berbeda-beda mulai dari ringan hingga berat tak terkecuali pada anak-anak.

Ada beberapa anak yang memiliki alergi makanan tertentu yang in membuat orang tua khawatir. Agar tidak panik orang tahu perlu mengetahui penyebab dan gejala serta cara mengatasi alergi tersebut.

Dilansir dari laman Primaya Hospital, terdapat 2 jenis gejala yang  muncul pada anak anak yang mengalami alergi terhadap makanan diantaranya alergi ringan dan alergi berat.

Alergi ringan yang ditimbulkan diantaranya hidung terasa gatal, bersin, gatal pada mulut dan kulit, dan mual atau perut tidak nyaman.

Sedangkan alergi berat diantaranya sesak napas, batuk, mengi, kesulitan menelan, diare, kram perut, muntah dan pembengkakan pada lidah.

Dilansir dari laman Nutriclub, minggu (24/3), terdapat beberapa penyebab yang berpotensi memicu terjadinya alergi pada anak anak diantaranya yakni.

  1. Makanan

Anak-anak pada umumnya sering mengalami alergi terhadap makanan seperti susu sapi, telur, gandum, kacang-kacangan, dan kedelai. 

Mama perlu hati-hati dalam membuat olahan MPASI. Untuk mengetahui alergi atau tidak, mama bisa menunggu 2 jam setelah pemberian makanan. Jika tidak ada reaksi alergi apa apa berarti aman.

  1. Inhalants allergen

Inhalants allergen merupakan penyebab alergi yang bisa terbawa atau menyebar melalui udara. Contohnya bulu, debu, kulit, air liur hewan peliharaan, serbuk, jamur dan lain lain.

  1. Obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa memicu resiko alergi pada anak diantaranya antibiotik, insulin, obat anti inflamasi dan obat kemoterapi.

  1. Lateks

Lateks merupakan bahan-bahan yang terbuat dari karet sehingga lebih waspada dalam memberikan alat bermain kepada anak. Contohnya gelang karet, balon karet dan lain lain.

  1. Penyebab lainnya

Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan alergi pada anak diantaranya gigitan serangga, bahan kimia, dan udara.

Apabila mama sudah mengetahui pemicu makanan apa yang membuat anak alergi maka cara mengatasinya adalah dengan menghindari makanan-makanan tersebut.

Apabila mama belum mengetahui dan tiba-tiba mengeluarkan reaksi alergi mulai dari ringan hingga berat maka tidak perlu panik. Mama bis langsung konsultasi ke dokter dan biasanya nanti diberikan obat antihistamin atau obat lainnya untuk meredakan gejala alergi tersebut.

Namun apabila mama sebelumnya sudah memahami beberapa krim atau salep yang didapatkan dari apotek yang mampu meredakan gejala alergi maka bisa digunakan sebagai pertolongan pertama.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mama #jangan #panik #kenali #penyebab #gejala #alergi #pada #anak #begini #cara #mengatasinya

KOMENTAR