Olahraga Kardio Ternyata Kurang Efektif untuk Bakar Lemak Perut, Simak Alasan dan Alternatifnya
Berlari merupakan salah satu contoh olahraga kardio. (pexels.com)
17:47
23 Maret 2024

Olahraga Kardio Ternyata Kurang Efektif untuk Bakar Lemak Perut, Simak Alasan dan Alternatifnya

 - Kebanyakan orang lebih sering melakukan olahraga kardio seperti lari, bermain sepak bola, atau bermain bulu tangkis. Hal tersebut tidak salah, tapi jika kamu sedang ingin menurunkan kadar lemak perutmu, olahraga kardio ternyata kurang efektif.   Apa itu olahraga kardio?   Dilansir dari Hello Sehat, olahraga kardio, adalah olahraga yang berdampak pada peningkatan detak dan otot-otot jantung. Jika otot-otot jantung semakin kuat, pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Dampaknya adalah aliran oksigen ke dalam sel-sel otot jadi semakin banyak.   Olahraga kardio sangat bagus untuk memperkuat jantung, paru-paru, tulang, meningkatkan kualitas tidur, hingga mengurangi stress.  

  Mengapa olahraga kardio kurang efektif dalam membakar lemak perut?   Merujuk pada penjelasan di atas, olahraga kardio lebih berperan dalam menurunkan berat badan secara keseluruhan, bukan fokus untuk membakar lemak perut.    Perlu diketahui, jika berat badanmu turun setelah olahraga kardio, belum tentu kadar lemakmu juga turun. Ada banyak kasus orang bertubuh kurus tapi punya kadar lemak yang tinggi.   Ketimbang olahraga kardio, olahraga alternatif yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak perut adalah olahraga yang melatih otot perut. Contohnya seperti sit up, plank, side plank, russian twist, dan sebagainya.  

  Sebuah penelitian yang dipublikasikan Men's Journal juga menyebut bahwa olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, atau berenang bukan cara terbaik untuk membakar lemak perut.    Hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa kadar lemak perut pria yang melakukan olahraga angkat beban setidaknya 20 menit per hari lebih terjaga dibandingkan mereka yang hanya berolahraga kardio.   Untuk mengetahui olahraga apa saja yang kamu butuhkan untuk membakar lemak perut secara efektif, kamu bisa mencarinya di YouTube. Pelajari gerakan-gerakan olahraga yang melatih otot perut.  

  Terakhir yang tak kalah penting, kamu harus tetap menjaga makan agar olahragamu tidak sia-sia. Makanlah makanan yang sehat dan secukupnya, karena jika makanan yang masuk tubuhmu terlalu banyak, tubuhmu akan menjadikannya sebagai cadangan lemak.   

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #olahraga #kardio #ternyata #kurang #efektif #untuk #bakar #lemak #perut #simak #alasan #alternatifnya

KOMENTAR