Asam Lambung Kumat? Jangan Panik, Begini Kata Ahli Kesehatan tentang Pertolongan Pertama
Ilustrasi asam lambung kambuh. (freepik)
16:35
17 Maret 2024

Asam Lambung Kumat? Jangan Panik, Begini Kata Ahli Kesehatan tentang Pertolongan Pertama

–Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga dengan istilah Gerd adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut. Gejala yang dirasakan penderita salah satunya batuk kering, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, serta sakit perut bagian atas.

Penyakit asam lambung biasanya terjadi karena terlambat makan atau pola makan tidak teratur. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan asam lambung naik dan kekambuhan.

  1. Faktor Gaya Hidup

Faktor Gaya hidup adalah utama yang menyebabkan asam lambung naik. Contohnya adalah makan dalam porsi sebelum berbaring, memiliki kebiasaan merokok atau bahkan sering terpapar asap rokok.

  1. Faktor Kesehatan

Bukan hanya gaya hidup saja ternyata, faktor kesehatan juga menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung. Seperti kegemukan, kehamilan, dan usia tua.

  1. Kondisi Lain

Kondisi lain kesehatan yang dapat memperburuk penyakit asam lambung, contohnya seperti kecemasan berlebih dan juga kehamilan.

  1. Alkohol

Menurut penelitian yang terbit di Oxford Academic, minum alkohol dapat meningkatkan risiko Gerd. Semakin sering meminum alkohol, kemungkinan terkena penyakit asam lambung juga semakin besar.

  1. Pemicu Makanan 

Beberapa jenis makanan juga bisa menjadi pemicu, naiknya asam lambung. Makanan yang bisa dihindari agar terhindar dari Gerd adalah yang berlemak tinggi dan pedas.

Itulah faktor penyebab penyakit asam lambung dan gejalanya. Penyakit itu apabila dibiarkan terus tanpa terkendali, bisa menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Bahkan bisa menyebabkan kematian untuk kondisi yang memang sudah parah. Oleh karena itu, tidak bisa menganggap remeh penyakit itu.

Namun, tidak perlu khawatir dan panik. Menurut dr. Fadhli Rizal setidaknya ada 4 pertolongan pertama. Berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika penyakit asam lambung mulai menyerang.

Longgarkan Pakaian

Salah satu pemicu penyebab penyakit asam lambung naik adalah adanya tekanan berlebih pada perut. Sehingga kadang penderita sering merasakan mual dan kesulitan bernapas.

Melonggarkan pakaian diharapkan bisa meredakan tekanan pada perut yang berlebihan.

Menguyah Permen Karet

Cara sederhana yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama saat penyakit asam lambung naik adalah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membantu menetralkan asam di kerongkongan.

Segera Berdiri

Penyebab naiknya asam lambung sangat beragam, salah satunya postur tubuh yang buruk. Dengan berdiri tegak dan jangan tiduran dapat menghentikan naiknya asam lambung.

Meninggikan Posisi Kepala

Apabila naiknya asam lambung terjadi saat malam atau saat waktu tidur tiba, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Posisi tidur seperti ini dapat meringankan keluhan asam lambung naik.

Itulah pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila asam lambung sedang naik. Namun, apabila pertolongan pertama sudah diberikan dan penyakit asam lambung tak kunjung reda, segera konsultasikan ke dokter.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #asam #lambung #kumat #jangan #panik #begini #kata #ahli #kesehatan #tentang #pertolongan #pertama

KOMENTAR