Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Serum Vitamin C? Yuk Pahami Agar Dapatkan Hasil yang Optimal
Ilustrasi menggunakan serum vitamin C Sumber foto: freepik
15:42
14 Maret 2024

Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Serum Vitamin C? Yuk Pahami Agar Dapatkan Hasil yang Optimal

 

 - Vitamin C adalah salah satu dari 13 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan baik.

Di dalam tubuh, vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat) yang dapat membantu menyerap zat besi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Salah satu manfaat terbesar vitamin C adalah antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Namun, jika jumlah radikal bebas dalam tubuh Anda terlalu banyak, tubuh Anda akan mengalami stres oksidatif, dimana adanya ketidakseimbangan antara jumlah radikal bebas dan antioksidan.

Stres oksidatif dapat merugikan kesehatan Anda dan juga menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan kerutan pada kulit dan wajah Anda.

Selain memiliki banyak manfaay bagi kesehatan tubuh, vitamin C tentu juga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Sifat antioksidan yang kuat menjadikannya dapat membantu menyegarkan kulit, melawan banyak tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh stres oksidatif.



Dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin C seperti serum secara rutin, tentu akan dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Manfaat-manfaat tersebut seperti mengurangi bintik-bintik hitam, mendukung penampilan kulit yang awet muda, meratakan tampilan warna kulit, dan meminimalkan kemerahan pada wajah.

Sebagian besar orang dapat menggunakan serum vitamin C tanpa masalah, tetapi mereka dengan kulit yang sangat sensitif mungkin mengalami sedikit iritasi pada saat awal dalam menggunakan produk ini.

Untuk mengurangi kemungkinan mengalami iritasi kulit saat menggunakan serum vitamin C, penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan serum vitamin C agar kulit Anda terhindar dari reaksi sensitif dan iritasi.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengapliaksikan serum vitamin C pada wajah?

Dilansir dari SkinPharm pada Kamis (14/3), setiap produk perawatan kulit memiliki urutan dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Menggunakan produk di luar urutan tersebut mungkin tidak akan berbahaya, tetapi akan membuat produk tersebut kurang efektif (atau bahkan tidak efektif sama sekali, yang pada akhirnya akan sia-sia.


Terdapat dua faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan kapan Anda harus menggunakan serum vitamin C yaitu, yaitu hari dan posisi/urutan di mana serum itu akan diterapkan dalam rutinitas perawatan kulit Anda yang tentu akan memengaruhi efektivitasnya.

Hampir semua ahli kulit merekomendasikan penggunaan serum vitamin C di pagi hari daripada di malam hari.

Rekomendasi ini berkaitan dengan kemampuannya untuk melindungi kulit. Vitamin C tidak hanya memiliki sifat antioksidan yang kuat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efek perlindungan tabir surya.

Ketika digunakan di pagi hari, sebelum menggunakan tabir surya, ini dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar UV yang mungkin lolos dari lapisan pertahanan kulit terluar.

Meskipun tidak akan membahayakan jika Anda menggunakan serum vitamin C di malam hari, tetapi dapat berpotensi adanya interaksi dengan produk perawatan kulit lain yang seharusnya digunakan di malam hari (seperti retinol), sehingga dapat menyebabkan iritasi dan sensitif pada kulit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kapan #waktu #terbaik #untuk #menggunakan #serum #vitamin #pahami #agar #dapatkan #hasil #yang #optimal

KOMENTAR