Berbagai Jenis Susu: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda? Simak dalam Penjelasan Berikut
Ilustrasi Berbagai Jenis Susu. (Freepik)
21:30
7 Maret 2024

Berbagai Jenis Susu: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda? Simak dalam Penjelasan Berikut

 - Memilih jenis susu yang tepat untuk Anda dapat menjadi pilihan yang membingungkan, terutama dengan banyaknya alternatif susu yang tersedia di pasaran saat ini.

Apakah Anda mencari opsi bebas laktosa, ingin mengurangi dampak terhadap lingkungan, atau bahkan mencari pengganti susu sapi yang kaya nutrisi?

Dengan begitu, kita akan membahas berbagai jenis susu alternatif, mulai dari susu kedelai, susu almond dan susu oat, serta memberikan panduan tentang mana yang cocok untuk kebutuhan spesifik Anda. 

Dengan memahami manfaat dan keunggulan masing-masing jenis susu, Anda akan lebih mudah untuk membuat pilihan yang tepat untuk gaya hidup dan preferensi Anda.

Dilansir dari Parkway East Hospital pada Kamis (7/3), berikut merupakan penjelasan dari masing-masing jenis susu yang dapat membantu Anda memilih jenis susu yang sesuai dengan preferensi Anda.

1. Susu Sapi

Susu sapi adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu sapi betina. Susu sapi memiliki rasa yang khas, umumnya dianggap memiliki rasa yang sedikit manis dan sedikit krimi. Susu sapi segar mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya:

• Protein
Susu sapi merupakan sumber protein lengkap, menyediakan semua 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan tubuh.

• Kalsium
Susu sapi merupakan sumber kalsium yang sangat baik, penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot, dan sinyal saraf.

• Vitamin D
Vitamin D yang cukup penting untuk penyerapan kalsium dan kesehatan tulang. Susu sapi adalah sumber vitamin D yang baik, terutama jika diperkaya.

• Nutrisi lainnya
Susu sapi juga menyediakan nutrisi penting lainnya, termasuk kalium, fosfor, vitamin B12, dan riboflavin, yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah alternatif nabati dimana jenis susu ini dihasilkan dari kedelai, bukan dari hewan seperti sapi. Ini merupakan alternatif nabati yang cocok bagi orang-orang yang tidak bisa atau memilih untuk tidak mengonsumsi susu sapi, seperti vegetarian atau orang yang intoleran terhadap laktosa.

Susu kedelai biasanya memiliki rasa yang ringan dan krimi, mirip dengan susu sapi, dan sering digunakan sebagai pengganti atau tambahan pada minuman dan hidangan lainnya.

Susu kedelai mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya:

• Protein
Susu kedelai mengandung sekitar 7 – 10 gram protein per 250 ml, menjadikannya sebagai alternatif nabati dengan kandungan protein yang sebanding dengan susu sapi.

• Rendah lemak jenuh
Susu kedelai secara alami m.ngandung lemak jenuh yang rendah. Asupan rendah lemak total dan lemak jenuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

• Nutrisi penting
Susu kedelai diperkaya dengan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin B12, memastikan asupan nutrisi yang cukup bagi mereka yang menghindari susu sapi. Meski begitu, beberapa merek susu kedelai yang populer mungkin kurang mengandung vitamin B12. Dengan begitu,  penting untuk memeriksa label nutrisi untuk mengidentifikasi produk diperkaya dengan vitamin dan mineral.

• Bebas kolesterol
Susu kedelai secara alami bebas kolesterol, menjadikannya cocok untuk individu dengan kadar kolesterol tinggi atau yang berisiko terkena penyakit jantung.

3. Susu Almond

Seperti susu kedelai, susu almond adalah alternatif nabati untuk susu sapi dan juga merupakan pilihan populer bagi mereka yang mencari opsi bebas laktosa. Susu almond mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya:

• Rendah kalori
Susu almond secara alami rendah kalori, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingi  mengatur berat badan.

• Lemak baik untuk jantung
Susu almond mengandung lemak tunggal dan lemak ganda tak jenuh, yang dianggap sebagai lemak yang baik untuk jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat.

• Bebas kolesterol
Susu almond secara alami bebas kolesterol, membuatnya cocok untuk individu dengan kadar kolesterol tinggi atau yang berisiko terkena penyakit jantung.

• Vitamin E
Susu almond merupakan sumber yang baik dari vitamin E, sejenis antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan dan berpotensi mendukung fungsi kekebalan tubuh.

• Kalsium

4. Susu Oat

Susu oat merupakan produk yang relatif baru dalam jenis susu nabati, dimana mulai mendapatkan popularitas yang signifikan pada tahun 2010-an. Meskipun begitu, susu oat telah ada sejak tahun 1990-an. Susu oat mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya:

• Serat
Susu oat mengandung beta-glukan, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Dengan rata-rata 2 gram serat makanan per 250 ml, susu oat hadir sebagai alternatif nabati yang merupakan sumber serat makanan yang tinggi dalam asupan kita.

• Vitamin dan mineral
Susu oat sering diperkaya dengan vitamin dan mineral penting, seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin B12, memastikan asupan nutrisi yang memadai bagi mereka yang menghindari susu sapi. Meski begitu, beberapa merek susu oat yang populer mungkin kurang mengandung vitamin B12. Dengan begutu, oenting untuk memeriksa label nutrisi untuk mengidentifikasi produk yang diperkaya dengan vitamin dan mineral.

• Rendah lemak jenuh

• Bebas kolesterol
Susu oat secara alami bebas kolesterol, menjadikannya cocok untuk individu dengan kadar kolesterol tinggi atau yang berisiko terkena penyakit jantung.

Berdasarkan paparan nutrisi yang dimiliki oleh masing-masing jenis susu, Anda dapat memilih jenis susu yang cocok bagi Anda berdasarkan penjelasan berikut.

Anda intoleran terhadap laktosa atau Anda seorang vegan, salah satu alternatif susu dalam daftar tersebut akan cocok untuk Anda.

Jika alasan Anda menghindari susu sapi berasal dari kekhawatiran lingkungan atau etika, maka susu oat adalah pilihan terbaik untuk Anda dalam hal ini

Anda ingin mempertahankan manfaat gizi susu sapi secara utuh, maka alternatif uang cocok bagi Anda ialah susu kedelai yang diperkaya nutrisi bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda.

Jika Anda memperhatikan berat badan, Anda bisa mempertimbangkan susu almond tanpa pemanis, karena secara alami memiliki jumlah kalori paling rendah di antara semua jenis susu dalam daftar tersebut.

Jika Anda memiliki alergi makanan atau pembatasan asupan, konsultasikan dengan ahli gizi Anda tentang pilihan susu yang sesuai untuk Anda.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #berbagai #jenis #susu #mana #yang #lebih #cocok #untuk #anda #simak #dalam #penjelasan #berikut

KOMENTAR