6 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu
6 Manfaat Konsumsi Daun Bawang untuk Kesehatan (Foto: Tangkap Layar YouTube Kunci Sehat)
18:44
28 Oktober 2024

6 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu

Daun bawang sering digunakan sebagai pelengkap masakan atau penambah aroma masakan.

Selain itu, daun bawang juga kaya akan serat makanan, asam folat, kalsium, kalium, dan vitamin C yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.

Mengkonsumsi daun bawang secara rutin dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Berikut ini merupakan enam manfaat daun bawang bagi kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Senin (28/10).

1. Mencegah Infeksi

Manfaat pertama dari mengkonsumsi daun bawang bagi kesehatan, yaitu dapat mencegah infeksi. Hal ini karena daun bawang mengandung senyawa yang sama dengan sayuran allium lainnya.

Sehingga dapat berguna untuk mencegah masuknya infeksi ke dalam tubuh. Selain itu, daun bawang juga dipercaya dapat membunuh dan memperlambat pertumbuhan salmonella atau E.coli.

Daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Selanjutnya, yaitu dapat menyehatkan jantung. Hal ini karena daun bawang mengandung beberapa senyawa yang diketahui dapat menyehatkan jantung, seperti senyawa cycloalliin.

Senyawa cycloalliin ini dapat mengurangi risiko penyakit aterosklerosis serta dapat mengencerkan darah. Tak hanya itu saja, daun bawang juga mengandung vitamin K yang bermanfaat bagi setiap jaringan yang ada di dalam tubuh dan membantu mengatur aliran darah.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup memiliki manfaat, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti demam dan flu.

Selain itu, daun bawang juga mengandung allicin yaitu senyawa belerang yang memiliki fungsi sama seperti vitamin C yang ada di dalam buah jeruk.

4. Mencegah Anemia

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi daun bawang, yaitu dapat mencegah anemia. Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat menjaga kesehatan sel darah merah.

Untuk itu, kamu dapat konsumsi daun bawang agar terhindar dari anemia atau kekurangan darah dan dapat meningkatkan kesehatan hemoglobin serta memperkuat jaringan yang ada di dalam tubuh.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Kamu dapat menambahkan daun bawang ke dalam makanan agar dapat meningkatkan asupan sayuran secara keseluruhan.

Daun bawang memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan kamu.

Tak hanya itu saja, daun bawang juga memiliki sumber air dan serat yang baik untuk tubuh. Sehingga bisa mencegah rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu makan lebih sedikit secara alami.

6. Baik untuk Pencernaan

Sayuran yang berserat seperti daun bawang dapat membuat tubuh untuk makan dengan lambat. Hal ini membuat makanan dapat dicerna dengan benar. S

Selain itu, sebagian besar dari daun bawang merupakan sumber serat larut termasuk prebiotik yang berfungsi menjaga usus agar tetap sehat.

Itu dia informasi mengenai enam manfaat dari daun bawang untuk kesehatan tubuh yang wajib untuk diketahui.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #manfaat #daun #bawang #bagi #kesehatan #salah #satunya #dapat #mencegah

KOMENTAR