Salah Satunya untuk Kesehatan Mental, Simak Ragam Manfaat Kwaci untuk Kesehatan
Ilustrasi manfaat kuaci untuk kesehatan. (pexels/Photo By: Kaboompics.com)
13:32
28 Oktober 2024

Salah Satunya untuk Kesehatan Mental, Simak Ragam Manfaat Kwaci untuk Kesehatan

 

Biji bunga matahari atau dikenal kuaci dapat membangkitkan kenangan pada masa kecil. Biji kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Menambahkan kuaci dalam makanan dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kulit, jantung, kekebalan tubuh, dan kesehatan secara menyeluruh.

Menurut USDA, dalam satu porsi kuaci seberat 1 ons tanpa garam, mengandung beragam nutrisi berikut ini: 

- Kalori: 165
- Total karbohidrat: 7g
- Serat: 3g
- Gula: 1g
- Gula tambahan: 0g
- Proteinnya: 5,5 gram
- Jumlah Lemak: 14g
- Lemak Jenuh: 1,5g
- Lemak tak jenuh tunggal: 3g
- Lemak Tak Jenuh Ganda: 9g
- Kolesterol: 0 mg
- Natrium: 1mg
- Zat besi: 1mg (6% DV)
- Vitamin E: 7,5 mg (49% DV)
- Seng: 1,5 mg (14% DV)
- Folat: 67 mcg (17% DV)
- Selenium: 22,5 mcg (41%)

Meskipun kuaci mengandung lemak yang cukup tinggi untuk satu porsi 1 ons, namun sebagian besar kandungan tersebut terbuat dari lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat. Menurut American Heart Association, jenis lemak ini bersifat antiradang dan menyehatkan jantung.

Selain itu, kuaci merupakan sumber serat dan protein yang baik. Hal ini dapat menambahkan nutrisi untuk granola bar, salad, atau resep makanan lainnya.

Kuaci juga hampir tidak mengandung natrium. Namun, beberapa produk kuaci yang populer dapat mengandung 70% dari asupan natrium harian per sajian. Untuk itu, maka kamu perlu memperhatikan setiap kali ingin membeli produk kuaci panggang.

Dilansir dari EatingWell, berikut ini manfaat makan kuaci untuk kesehatan.

1. Anti-Peradangan

Biji-bijian yang sedang tren seperti biji chia atau rami, bukanlah satu-satunya yang diyakini memiliki manfaat sebagai antiperadangan. Meskipun peradangan merupakan reaksi yang normal untuk tubuh, namun perdagangan sistematik kronis dapat menjadi penyebab banyak penyakit.

Hal ini sesuai sebuah tinjauan yang dilakukan tahun 2019, yang diterbitkan dalam Nature Medicine. Penyakit-penyakit ini meliputi penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes tipe 2, penyakit autoimun, gangguan neurologis, sindrom metabolik, dan tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi lemak tak jenuh dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition menjelaskan bahwa biji bunga matahari atau kuaci dapat menurunkan LDL dan kolesterol total.

Untuk itu, seseorang dapat berusaha untuk mengonsumsi lebih banyak lemak yang baik untuk jantung. Lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang ditemukan dalam kuaci akan memberikan dampak positif pada kesehatan jantung.

3. Mencegah dan melawan penyakit

Kuaci merupakan sumber yang sangat baik dan mengandung hampir selusin vitamin dan mineral penting, termasuk zinc dan selenium. Menurut National Institutes of Health (NIH), zinc berfungsi untuk mendukung kekebalan tubuh.

Zick juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh. Menurut penelitian tahun 2019 dalam Critical Reviews in Biochemistry and Molecular Biology, selenium juga berperan dalam melawan peradangan dan infeksi, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini dapat memastikan tubuh agar dapat menghasilkan respon yang tepat terhadap berbagai penyakit yang datang. Penelitian lain dari Nutrients menunjukkan mineral ini terbukti menjadi bagian penting dalam mencapai kesehatan mental dan memperbaiki depresi.

4. Baik untuk ibu hamil

Untuk kamu yang menantikan kelahiran bayi atau sedang hamil, atau hanya ingin menjalani diet seimbang, kuaci memiliki banyak manfaat. Biji ini merupakan sumber zinc dan folat sekaligus sumber vitamin E yang sangat baik.

Menurut NIH, folat dapat membantu mengatasi cacat tabung saraf, seperti spina bifida, selama trimester pertama. Selama kehamilan, zinc akan membantu bayi yang sedang tumbuh untuk berkembang dengan baik. Sedangkan Menurut American Pregnancy Association, vitamin E sangat penting untuk kesehatan prenatal.

Vitamin E dapat membantu janin berkembang dan menggunakan sel darah merah dan otot. Vitamin E merupakan nutrisi utama untuk mendapatkan "cahaya kehamilan". Tak hanya itu, pada studi tahun 2021 dalam Scientific Reports, menunjukkan bahwa vitamin E dapat melawan kerusakan akibat sinar UV dan menutrisi kulit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #salah #satunya #untuk #kesehatan #mental #simak #ragam #manfaat #kwaci #untuk #kesehatan

KOMENTAR