Jangan Menunggu Sakit! Simak 3 Cara Merawat Mata Menurut Dokter Spesialis
Cara Merawat Mata Menurut Dokter Spesialis Mata./Sumber foto: freepik/stefamerpik
16:12
28 Februari 2024

Jangan Menunggu Sakit! Simak 3 Cara Merawat Mata Menurut Dokter Spesialis

 

 

 - Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat indra penglihatan sangatlah penting untuk aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Mata adalah organ sensorik yang penting dalam tubuh manusia yang memungkinkan kita untuk melihat dunia di sekitar kita. Fungsi utama mata adalah untuk menghasilkan citra visual dari lingkungan sekitar kita.

Mata bekerja dengan cara menangkap cahaya yang masuk melalui kornea, lensa, dan pupil, lalu merubahnya menjadi sinyal saraf yang dikirim ke otak melalui saraf optik. Di otak, sinyal ini diinterpretasikan menjadi gambar visual yang kita lihat.

Selain menghasilkan penglihatan, mata juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti menjaga keseimbangan tubuh melalui refleks pupil, serta membantu mengatur ritme sirkadian dan produksi hormon melatonin melalui persepsi cahaya.

Mata dapat membantu kita untuk menjalani berbagai aktivitas dengan baik, seperti membantu kita membaca, mengemudi, mengenali wajah, hingga menikmati keindahan alam. Mata juga berperan dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh kita.



Kesehatan mata sangatlah penting untuk kualitas hidup yang baik. Mata yang sehat memungkinkan kita untuk melihat dunia dengan jelas dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa kesulitan. Dengan penglihatan yang baik, kita dapat melakukan pekerjaan, berkomunikasi, dan menikmati hobi dengan optimal.

Namun, ketika kesehatan mata tidak dalam kondisi yang baik, hal itu dapat mengganggu individu dalam menjalani aktivitas sehari-hari secara signifikan.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mata, termasuk paparan sinar UV, infeksi, cedera, kelelahan mata, dan kondisi medis seperti diabetes atau hipertensi.

Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk seperti merokok, terlalu banyak menggunakan gadget, atau kurangnya istirahat juga dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan baik. Dengan menjaga kesehatan mata, kita dapat memastikan bahwa penglihatan kita tetap optimal dan kita dapat terus menjalani hidup dengan nyaman dan produktif.

Dilansir dari Southern Living pada Rabu (28/2), berikut merupakan 3 cara merawat mata untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang sehat menurut dokter mata Dr. John G.P. Boatwright Jr., MD.



1. Gunakan Kacamata Pelindung

Gunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV ujar Dr. Boatwright. Yang penting, kacamata tersebut harus memiliki perlindungan UV dalam bahan lensanya untuk meminimalisir kerusakan akibat sinar UV pada retina. Paparan sinar matahari dalam jangka panjang bisa mempercepat perkembangan katarak atau degenerasi makula terkait usia, terutama pada orang yang rentan terhadap kondisi tersebut.

2. Pilihlah Kebiasaan Hidup Sehat

Menurut Dr. Boatwright, rokok dan pola makan memiliki dampak luas pada kesehatan. Hubungan antara merokok dan degenerasi makula terkait usia hampir sekuat hubungan antara merokok dengan penyakit jantung dan paru-paru.

Disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang tinggi serat dan daun, serta makanan yang mengandung asam lemak sehat omega-3. Dr. Boatwright menjelaskan bahwa bagi yang mengalami degenerasi makula terkait usia, makanan yang kaya lemak dan karbohidrat dapat meningkatkan risiko memburuknya kondisi tersebut.



3. Lakukan Pemeriksaan Mata Setiap Tahun

Jangan menunggu sakit, pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan mata setiap tahunnya. Dokter akan memeriksa mata Anda dengan cermat, bahkan jika Anda tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Dalam pemeriksaan tersebut, dokter akan menggunakan teknik pemeriksaan mata untuk melihat dengan jelas saraf mata Anda dalam tiga dimensi.

Dr. Boatwright menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dapat mengungkap gejala yang tidak terlihat, seperti kondisi glaukoma. Glaukoma, adalah penyakit di mana saraf optik menjadi menipis dan memburuk, yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #menunggu #sakit #simak3 #cara #merawat #mata #menurut #dokter #spesialis

KOMENTAR