Hindari Makanan Ini Saat Sakit Tenggorokan Agar Cepat Sembuh dan Tidak Semakin Parah
Ilustrasi orang sakit tenggorokan. (Istimewa)
21:42
25 Oktober 2024

Hindari Makanan Ini Saat Sakit Tenggorokan Agar Cepat Sembuh dan Tidak Semakin Parah

Sakit tenggorokan sering kali membuat tidak nyaman saat makan.

Pengidapnya merasa tidak nyaman, nyeri, bahkan kesulitan untuk menelan makanan atau minuman

Untuk mempercepat pemulihan, penting menjaga apa yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan justru dapat memperburuk kondisi tenggorokan yang sudah meradang.

Memilih makanan yang tepat saat sakit tenggorokan bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Sebaliknya, makanan yang salah bisa memperparah peradangan dan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman.

Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari. Dilansir Very Well Health Ketika kamu mengalami sakit tenggorokan, kamu harus menghindari makanan dan minuman yang dapat mengiritasi tenggorokan, seperti:

1. Makanan dan minuman asam

Buah dan jus jeruk, tomat, dan cuka dapat mengiritasi tenggorokan yang sakit. Kandungan asam dapat memperburuk rasa sakit di tenggorokan yang sudah meradang.

2. Makanan keras atau renyah

Makanan keras atau renyah seperti keripik juga perlu dihindari. Tekstur yang keras bisa melukai tenggorokan dan membuat rasa sakit semakin parah.

3. Makanan pedas

Makanan pedas adalah salah satu yang perlu dihindari. Rasa pedas dari cabai atau merica bisa membuat tenggorokan terasa semakin panas dan iritasi.

4. Makanan Berminyak

Selain itu, makanan berminyak juga kurang baik untuk dikonsumsi. Makanan gorengan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat tenggorokan terasa lebih kering.

5. Alkohol

Karena alkohol bersifat asam dan mengeringkan, alkohol dapat mengiritasi sakit tenggorokan.

Sementara proses pemulihan berlangsung, sebaiknya hindari minuman beralkohol (termasuk bir, anggur, minuman keras, dan minuman campuran) dan sebagai gantinya, pilihlah air putih dan teh chrysanthemum.

6. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti soda, juga bisa memperparah sakit tenggorokan. Kandungan gasnya dapat membuat tenggorokan terasa lebih sakit dan kembung.

7. Pastikan memilih makanan yang lembut dan tidak memperburuk kondisi.

Madu juga dapat menenangkan, karena teksturnya yang kental dapat melapisi tenggorokan dan mengurangi batuk.

Pengobatan lain untuk sakit tenggorokan termasuk berkumur dengan air garam hangat, menggunakan pelega tenggorokan, atau mengonsumsi acetaminophen (Tylenol).

Jangan lupa untuk minum banyak air putih. Cairan hangat, seperti teh herbal tanpa kafein, juga bisa membantu meredakan rasa sakit.

Terakhir, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh. Perawatan yang tepat sangat penting untuk mencegah kondisi yang lebih seriu

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hindari #makanan #saat #sakit #tenggorokan #agar #cepat #sembuh #tidak #semakin #parah

KOMENTAR