Jangan Diremehkan! Kuaci Ternyata Memberi Manfaat Besar untuk Ibu Hamil
Ilustrasi kuaci atau biji bunga matahari. (Pexels by Engin Akyurt)
13:18
26 Februari 2024

Jangan Diremehkan! Kuaci Ternyata Memberi Manfaat Besar untuk Ibu Hamil

 

 – Siapa yang tidak suka dengan kuaci? Biji bunga matahari yang mungil dan renyah ini, amat diminati semua orang sebagai camilan.

Saking banyaknya pecinta kuaci, tak sedikit produk-produk yang menjual kuaci dengan aneka rasa.

Kuaci selalu menjadi pilihan yang tak boleh ketinggalan saat sedang berkumpul bersama keluarga atau rekan sejawat.

Namun siapa yang sangka, lebih dari sekedar camilan, kuaci ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, utamanya bagi ibu hamil.

Hal tersebut karena kuaci mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Dilansir dari rsud.sawahluntokota.go.id dan Hello Sehat, Senin (26/2), berikut ini deretan manfaat kuaci untuk ibu hamil:

Bernutrisi Tinggi

Meski bentuknya kecil, namun kuaci menyimpan banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Berikut ini kandungan nutrisi pada 30 gram atau seperempat cangkir kuaci:

  • Kalori: 163
  • Lemak total: 14 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin E: 37 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B3: 10 persen dari AKG
  • Vitamin B6: 11 persen dari AKG
  • Folat: 17 persen dari AKG
  • Vitamin B5: 20 persen dari AKG
  • Zat besi: 6 persen dari AKG
  • Zinc: 10 persen dari AKG
  • Tembaga: 26 persen dari AKG
  • Mangan: 30 persen dari AKG
  • Selenium: 32 persen dari AKG.

Memperkuat Sistem Imun

Kandungan vitamin dan mineral seperti zinc dan selenium, memberi manfaat secara khusus bagi ibu hamil, yakni memperkuat sistem imun yang nantinya akan mampu melawan virus yang masuk dalam tubuh.

Zinc berperan menjaga dan membentuk sel imun. Sementara selenium, bekerja untuk mengurangi peradangan, melawan infeksi, dan meningkatkan sistem imun.

Meningkatkan Energi

Ibu hamil kerap merasa lebih cepat lelah. Untuk itu, mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak protein harian. Kuaci dalam hal ini, juga menyumbang kandungan protein yang tinggi bagi ibu hamil.

Dalam kuaci, protein dilengkapi dengan vitamin B sekaligus selenium yang akan menambah energi bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan tersebut juga akan meningkatkan aliran darah dan mengirim lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

Mendukung Pertumbuhan Tulang Janin

Selain memberi kekuatan pada ibu hamil, kandungan pada kuaci juga akan berdampak pada janin yang dikandungnya.

Dilansir dari situs resmi RSUD Sawahlunto Kota dari Mom Junction, kuaci mengandung fosfor dan berbagai mineral yang dapat mendukung pertumbuhan tulang janin.

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Asam folat yang baik untuk kesehatan janin, juga terkandung dalam kuaci. Karenanya, mengkonsumsi kuaci dipercaya dapat mencegah cacat lahir atau cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Selain itu, asam folat dalam kuaci juga bermanfaat untuk mendukung fase pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat dalam kandungan.

Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Kandungan zat besi pada kuaci, bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Nantinya, tubuh akan membuat hemoglobin dalam tubuh ibu hamil, sekaligus mengantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Mengandung Serat yang Baik untuk Kehamilan

Serat yang ada pada kuaci, jika dikonsumsi, akan membantu sistem pencernaan yang otomatis juga mencegah sembelit bagi ibu hamil.

Selain melancarkan buang air besar, serat pada kuaci juga dapat menurunkan tekanan darah, mencegah preeklampsia, dan mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes gestasional.

Batasi Mengkonsumsi Kuaci

Meski mengandung banyak kebaikan untuk ibu hamil, namun jika mengkonsumsi kuaci secara berlebihan tentu akan berdampak ke risiko yang lebih buruk.

Mengkonsumsi kuaci secara berlebih dapat menimbulkan efek samping seperti keracunan fosfor yang menyebabkan kerusakan ginjal, dan keracunan selenium yang menyebabkan mudah lelah dan iritabilitas (marah dan frustasi).

Juga, dapat menimbulkan masalah kulit dan membuat rambut serta kuku ibu hamil menjadi rapuh.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #diremehkan #kuaci #ternyata #memberi #manfaat #besar #untuk #hamil

KOMENTAR