6 Manfaat Kesehatan Suplemen Ginkgo Biloba, Menurut Para Ahli, dari Menguatkan Memori hingga Atasi Anxiety
Ilustrasi suplemen Ginkgo Biloba yang bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan./ (Freepik)
06:52
26 Februari 2024

6 Manfaat Kesehatan Suplemen Ginkgo Biloba, Menurut Para Ahli, dari Menguatkan Memori hingga Atasi Anxiety

Ginkgo biloba, sebuah tanaman yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai manfaat kesehatan, adalah salah satu suplemen paling populer di dunia.

Banyak orang menggunakan Ginkgo biloba untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti migrain, kecemasan dan glaukoma.

Ginkgo biloba adalah salah satu spesies pohon tertua yang masih hidup. Selain digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, Ginkgo biloba juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut ini adalah enam manfaat kesehatan suplemen ginkgo biloba yang didukung oleh para ahli yang dilansir dari laman Forbes Health, Minggu (25/2):

1. Meningkatkan Kesehatan Kognitif

Suplemen Ginkgo biloba atau ekstraknya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kognitif, yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia, menurut sebuah studi tahun 2019 di Neurotherapeutics.

Namun, studi tersebut juga menyarankan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efikasi suplemen tersebut.

Selain itu, suplemen ginkgo biloba juga terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan kinerja otak dalam mempertajam kemampuan berpikir dan menguatkan memori.

2. Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

“Ginkgo biloba secara tradisional digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain, terutama yang disebabkan oleh stres,” kata Dr Laura Purdy, M.D., seorang dokter dari Miami Beach, Florida dan kepala medis digital dari OpenLoop, sebuah perusahaan kesehatan digital.

Sebuah tinjauan tahun 2020 di jurnal Antioxidants menyarankan bahwa ekstrak daun Ginkgo biloba mungkin dapat membantu meredakan gejala migrain, termasuk frekuensi dan keparahan, karena kemampuannya untuk mengurangi stres oksidatif di tubuh.

Stres oksidatif terjadi ketika adanya ketidakseimbangan antara radikal bebas (elektron penyebab peradangan) dan antioksidan di tubuh Anda.

Studi-studi telah menyarankan bahwa adanya stres oksidatif yang berkurang mungkin dapat membantu mengurangi gejala migrain.

3. Mengatasi Anxiety atau Gangguan Kecemasan, Stres, dan Kelelahan

Sebuah studi tahun 2017 meneliti efek Ginkgo biloba ekstrak terhadap kesehatan mental para pengungsi, ketika digunakan bersama dengan sesi psikoedukasi dan terapi mingguan.

Studi tersebut menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi dosis harian 120 miligram suplemen selama enam minggu, bersama dengan psikoedukasi dan terapi, memiliki hasil kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang hanya menggunakan psikoedukasi dan terapi saja.

Studi tersebut mencatat adanya perbaikan pada tingkat kecemasan serta kelelahan fisik dan mental orang-orang yang menggunakan Ginkgo biloba.

Studi tersebut mencatat bahwa suplemen tersebut mungkin efektif dalam meredakan gejala kesehatan mental seperti kecemasan dan stres karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah di otak.'

4. Dipercaya Dapat Meringankan Depresi

Sebuah studi tahun 2018 di Medicine (Baltimore) meneliti efek Ginkgo biloba ekstrak terhadap depresi pada sekelompok orang dewasa yang lebih tua.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa, ketika digunakan bersama dengan antidepresan seperti citalopram, Ginkgo biloba bisa bermanfaat dalam meredakan depresi.

Hal ini karena suplemen ini bekerja lebih cepat daripada antidepresan saja dan tampaknya bisa memulihkan beberapa fungsi neurologis di antara peserta.

5. Dipercaya Bermanfaat untuk Atasi Glaukoma

Sebuah tinjauan tahun 2018 di Current Opinion in Ophthalmology meneliti penelitian tentang efek Ginkgo biloba terhadap glaukoma, sebuah penyakit yang merusak saraf optik dan mempengaruhi tekanan mata.

Penulis studi tersebut mencatat bahwa meskipun data tidak meyakinkan, suplemen tersebut tampaknya berkontribusi pada peningkatan aliran darah okular, efek vaskular, dan antioksidan yang diamati, mungkin bermanfaat untuk pengobatan glaukoma.

6. Sumber Antioksidan Tinggi yang Bisa Atasi Berbagai Peradangan

“Ginkgo Biloba kaya akan antioksidan yang bagus dan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah,” jelas Dr Purdy.

Penelitian tahun 2019 di Neurotherapeutics menyarankan bahwa sifat antioksidan suplemen ini berpotensi dapat digunakan untuk mengobati segala sesuatu mulai dari respons stres hingga kondisi neurodegeneratif, meskipun penelitian yang meyakinkan masih terbatas.

Itulah enam manfaat suplemen Ginkgo biloba yang didukung oleh para ahli.

Meskipun penelitian ilmiah masih terbatas, beberapa bukti menunjukkan bahwa Ginkgo biloba dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari kognitif, mental, hingga mata.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk mengetahui dosis, interaksi, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang Ginkgo biloba.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #manfaat #kesehatan #suplemen #ginkgo #biloba #menurut #para #ahli #dari #menguatkan #memori #hingga #atasi #anxiety

KOMENTAR