Mana yang Lebih Baik, Minum Teh Panas Atau Es Teh? Ini Penjelasannya!
ilustrasi penyajian teh panas./Freepik
11:52
25 Pebruari 2024

Mana yang Lebih Baik, Minum Teh Panas Atau Es Teh? Ini Penjelasannya!

  

 

 – Kegiatan minum teh agaknya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagaian besar masyarakat di Indonesia.

Bahkan tidak hanya dikonsumsi oleh orang tua saja namun teh juga semakin akrab di kalangan muda.

Seperti halnya di masyarakat Jawa, minuman teh hampir hadir di setiap acara sebagai minuman perjamuan wajib.

Namun, seiring perkembangannya zaman, minuman teh bukan hanya disajikan pada saat acara-acara tertentu, melainkan juga diperdagangkan dengan sajian yang unik nan modern sebagai pemikat daya beli anak muda.

Dalam penyajiannya, ada 2 cara yaitu dalam bentuk teh panas dan ada juga yang disajikan dalam bentuk es teh.

Berbicara mengenai teh panas (hangat) dan atau es teh, kedua penyajian ini masih menjadi perdebatan dalam mengonsumsi teh, antara keduanya mana yang lebih baik?

Antioksidan Dalam Teh

Dilansir dari Only Health, Minggu (25/2), teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh manusia. Namun teh panas dianggap lebih baik daripada es teh.

Hal itu dikarenakan selama proses penyeduhan, air panas meresap ke dalam daun teh dan dapat menghasilkan antioksidan, katein, dan flavonoid, yaitu senyawa alami dari daun teh.

Namun, antioksidan yang terkandung di teh panas memiliki sifat yang cukup reaktif, sehingga apabila dibiarkan di suhu terbuka akan mudah teroksidasi dan menghilang.

kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, untuk itu alangkah baiknya jika dikonsumsi saat kondisi masih panas.

Antara teh panas dan es teh, mana yang memiliki rasa paling kuat? 

Menurut Ahli Gizi Preety Tyagi dilansir dari onlymyhealth, tubuh manusia mampu merasakan aroma dan rasa yang kuat saat saat suhu panas dibandingkan dengan suhu dingin.

Jadi dapat disimpulkan kekuatan rasa pada teh panas lebih kuat dibandingkan dengan meminumnya dengan bentuk es teh.

Kapan waktu yang baik untuk minum teh?

Dalam ketentuannya tidak ada waktu khusus untuk meminum teh, akan tetapi saat musim hujan seperti saat ini, disarankan untuk mengonsumsi teh panas dan teh herbal.

Sebaliknya ketika musim kemarau atau panas dianjurkan untuk mengonsumsi es teh, hal tersebut ditujukan untuk menghindari masalah kesehatan yang terkait suhu dan cuaca.

Mengonsumsi es teh juga dapat menyehatkan gigi, mengurangi risiko dehidrasi, menyehatkan jantung, dan merilekskan saraf.

Pada intinya antara teh panas dan es teh, keduanya memiliki manfaat masing-masing, sesuai dengan kondisi tubuh peminum dan cuaca sekitar yang mempengaruhinya dengan tanda kutip mengonsumsinya dengan jumlah yang normal.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mana #yang #lebih #baik #minum #panas #atau #penjelasannya

KOMENTAR