5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kesemek: Bagus untuk Jantung, Perut, hingga Mata
buah kesemek. (Freepik)
16:44
22 Oktober 2024

5 Manfaat Kesehatan dari Buah Kesemek: Bagus untuk Jantung, Perut, hingga Mata

 

 Buah kesemek tentunya sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakt di Indonesia.

Untuk diketahui, buah kesemek secara garis besar ada dua jenis yakni kesemek Jepang (Diospyros kaki) dan kesemek Amerika (Diospyros virginiana).

Namun, buah kesemek yang biasa kita temukan di Indonesia ini kemungkinan besar adalah kesemek Jepang yang bernama Hachiya, berbentuk sedikit lonjong atau hati, dan Fuyu, yang berbentuk bulat seperti tomat. 

Buah ini biasanya diproses menjadi cemilan, minuman, pencuci mulut, dan sebagainya. Tapi juga dapat dimakan langsung. 

Kesemek Hachiya akan terasa kering dan sangat pahit ketika dimakan sebelum matang benar. Sedangkan kesemek Fuyu dapat dimakan sebelum matang. 

Tidak hanya rasanya enak, buah ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kita. 

Dilansir dari Healthlline, dalam 168 gram kesemek terdapat 118 kalori, 31 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan 6 gram serat. 

Selain itu memenuhi 15 persen kebutuhan per hari vitamin A, 14 persen vitamin C, 10 persen vitamin B6, 8 persen vitamin E dan 4 persen vitamin K. 

Buah kesemek juga mengandung manganese yang tinggi, magnesium, fosfor, dan potasium. 

Tinggi antioksidan

Buah kesemek mengandung antioksidan yang tinggi dari berbagai vitamin dan kandungan mineral lainnya. 

Antioksidan dapat melawan radikal bebas dengan mencegah dan memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidasi. 

Stres oksidasi telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit saraf atau otak. 

Makanan yang tinggi flavonoid, sejenis antioksidan yang kuat pada daging dan kulit kesemek, telah diteliti dapat menurunkan resiko penyakit jantung, penyakit mental yang terkait umur, dan kanker paru-paru. 

Kesemek juga kaya akan beta-carotene yang memberikan warna terang pada buah tersebut. Beta carotene telah diteliti dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker paru-paru, dan penyakit metabolisme. 

Bagus untung jantung

Penyakit jantung sudah menjadi faktor penyebab kematian nomor satu di dunia. Serta penyebab penyakit ini adalah pola makan yang buruk. 

Makanan yang tinggi flavonoid telah ditemukan dapat menurunkan resiko penyakit jantung di beberapa penelitian. 

Pada penelitian di tahun 2012 yang melibatkan 98.000 orang. Dalam penelitian ini ditemukan orang-orang yang mengkonsumsi flavonoid tertinggi mengalami kematian 18 persen lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi flavonoid dengan baik. 

Bagus untuk kesehatan mata

Kesemek kaya akan vitamin A dan antioksidan yang penting untuk penglihatan kita. 

Vitamin A mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea. Vitamin A juga merupakan komponen penting dari rhodopsin, protein yang diperlukan untuk kesehatan mata yang baik. 

Kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua kandungan antioksidan karotenoid yang bagus untuk mata. 

Dilansir dari Medical News Today, vitamin A juga dapat membantu orang-orang melihat lebih baik di ruangan yang gelap dan mendorong imunitas kita. 

Kaya akan serat

Makanan yang tinggi akan serat dapat menurunkan kolesterol pada tubuh kita, salah satunya buah seperti kesemek. 

Pada sebuah penelitian di tahun 2013, ditemukan orang-orang dewasa yang mengkonsumsi kue kering berisi serat kesemek sebanyak tiga kali sehari, selama 12 minggu, mengalami penurunan tingkat kolesterol yang signifikan. 

Serat juga bagus untuk pencernaan kita dan dapat menurunkan kadar gula darah. 

Dapat menjadi obat anti radang

Penyakit seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, dan kanker telah dikaitkan dengan peradangan kronis. 

Vitamin C pada kesemek dapat menjadi antioksidan yang dapat melawan dan mengurangi peradangan. Sehingga menurunkan resiko penyakit-penyakit tersebut. 

Vitamin C dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dengan memberikan elektron pada molekul-molekul yang tidak stabil. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #kesehatan #dari #buah #kesemek #bagus #untuk #jantung #perut #hingga #mata

KOMENTAR