Menkes Budi Tancap Gas Sebut Program Cek Kesehatan Gratis Dimulai November 2024
High Level Meeting Komite Kebijakan Sektor Kesehatan Triwulan II dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin; Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dokter Hasto Wardoyo; Direktur Utama BPJS Ghufron Mukti; dan Plt Kepala BPOM, L Rizka Andalusia di Sheraton Mustika Yogyakarta, Sabtu (6/7/2024). 
22:30
21 Oktober 2024

Menkes Budi Tancap Gas Sebut Program Cek Kesehatan Gratis Dimulai November 2024

– Budi Gunadi Sadikin yang kembali ditunjuk jadi Menteri Kesehatan (Menkes RI) langsung tancap gas menjalankan program sektor kesehatan yang diusung Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Ia memaparkan untuk yang pertama kali dilakukan dalam waktu dekat adalah program cek kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat. Program ini akan mulai dijalankan pada November 2024 ini.

Program bertujuan ini menjaga masyarakat tetap sehat bukan hanya mengobati yang sudah sakit.

“Nomor satu yang harus diselesaikan di bulan November adalah peluncuran skrining nasional untuk semua siklus hidup,” ujar Menkes di Jakarta, Senin (21/10/2024).

Kemudian, mempercepat pembangunan rumah sakit di daerah terpencil dan tertinggal. Kemudian yang ketiga, segera mengatasi penyakit Tuberkulosis (TBC), lantaran prevalensinya masih sangat tinggi.

“Untuk program TBC, kita buatkan program yang bagus. Cara kerjanya kita luncurkan di bulan Desember,” ujar Budi Gunadi.

Selain tiga tugas utama itu, ia juga diminta untuk memastikan jumlah dokter dan dokter spesialis di Indonesia tidak kurang.

Untuk mendampingi Menkes, Presiden Prabowo juga menunjuk Prof. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan pada hari yang sama.


Prof. Dante telah mendampingi Menkes sejak tahun 2020 lalu. Dengan penunjukkan ini, Menkes Budi dan Wamenkes Dante akan melanjutkan masa baktinya pada periode kedua.

Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan pada Desember 2020, menggantikan Terawan Agus Putranto. Saat itu, Budi mendapatkan tugas khusus untuk menangani pandemi Covid-19 dan melakukan reformasi kesehatan.

 

Editor: willy Widianto

Tag:  #menkes #budi #tancap #sebut #program #kesehatan #gratis #dimulai #november #2024

KOMENTAR