Benarkah Air Lemon dapat Menurunkan Berat Badan? Berikut Ulasan Manfaatnya
Ilustrasi buah lemon. (Unsplash/Cristina Anne Costello)
19:59
20 Pebruari 2024

Benarkah Air Lemon dapat Menurunkan Berat Badan? Berikut Ulasan Manfaatnya

- Mengganti minuman yang memiliki kalori tinggi atau manis dengan air lemon dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Healthline, salah satu manfaat air lemon, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara membuat air lemon sangat mudah, hanya terbuat dari air yang dicampur dengan perasan lemon segar. Air lemon diklaim memiliki berbagai manfaat, mulai dari melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan energi.

Selain itu, manfaat menurunkan berat badan, merupakan khasiat yang khas dari air lemon dan banyak digunakan untuk diet. Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat air lemon untuk menurunkan berat badan.

Air Lemon Rendah Kalori

Air lemon umumnya merupakan minuman yang sangat rendah kalori. Dengan asumsi Anda memeras jus dari setengah buah lemon ke dalam air, setiap gelas air lemon hanya mengandung enam kalori.

Oleh karena itu, jika mengganti minuman berkalori tinggi atau manis dengan air lemon, bisa menjadi cara terbaik untuk mengurangi kalori dan membantu penurunan berat badan.

Menghidrasi

Mempertahankan hidrasi yang cukup sangat penting dalam segala hal, mulai dari mengatur suhu tubuh hingga meningkatkan kinerja fisik.

Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang tetap terhidrasi, dapat membantu penurunan berat badan. Oleh karena itu, sebagian besar air lemon terdiri dari air, hal tersebut dapat membantu menjaga kecukupan hidrasi.

Meningkatkan Metabolisme

Penelitian menunjukkan bahwa minum cukup air berpotensi membantu meningkatkan metabolisme. Peneliti berpendapat bahwa hidrasi yang baik meningkatkan fungsi mitokondria, sejenis organel yang ditemukan dalam sel yang membantu menghasilkan energi untuk tubuh.

Hal ini menyebabkan peningkatan metabolisme, yang selanjutnya dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Minum air lemon juga terbukti meningkatkan metabolisme dengan menginduksi termogenesis, suatu proses metabolisme di mana kalori dibakar untuk menghasilkan panas.

Air Lemon Membantu Merasakan Kenyang

Minum air sering kali direkomendasikan sebagai bagian mendasar dari program penurunan berat badan.

Hal tersebut karena dapat meningkatkan rasa kenyang, tanpa menambah kalori. Sehingga, karena air lemon rendah kalori dan dapat meningkatkan rasa kenyang seperti air biasa.

Oleh karena itu, air lemon juga dapat menjadi cara yang efektif dan efisien untuk membantu mengurangi asupan kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Karena potensi efek air lemon, mulai dari metabolisme, rasa kenyang, dan hidrasi, beberapa bukti menunjukkan bahwa air lemon dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Meskipun kebanyakan penelitian berfokus secara khusus pada air biasa, hasil yang sama kemungkinan besar juga berlaku pada air lemon.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #benarkah #lemon #dapat #menurunkan #berat #badan #berikut #ulasan #manfaatnya

KOMENTAR