Wajib Dibaca! 10 Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Stres
Ilustrasi orang mengalami stres kerja. (Unsplash/Elisa Ventur)
09:26
19 Februari 2024

Wajib Dibaca! 10 Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Stres

 – Stres tidak sedikit yang mengalami, melainkan banyak dikarenakan stress biasanya akibat dari memikirkan hal terlalu banyak dan menumpuknya. Stres terkadang susah ditangani atau dihilangkan meskipun berbagai banyak cara ada atau sudah dicoba, seperti dengan meminum obat, berlibur, dan lainnya.

Namun, meskipun ada cara-cara seperti meminum obat, berlibur, dan lainnya – ada juga cara lain seperti meredakan tingkat stres yang dialami dengan menggunakan makanan. Dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu, anda bisa menurunkan tingkat stres ke tingkat tertentu.

Melansir dari Food Network, berikut daftar dari beberapa makanan yang bisa membantu dalam menurunkan tingkat stres anda.

1. Alpukat dan pisang

Kedua buah ini memiliki suatu kesamaan yang membuatnya bisa menurunkan tingkat stres, yaitu potasium, mineral penting untuk menjaga tekanan darah tetap rendah. Dengan mengonsumsi kedua buah tersebut atau salah satunya, maka anda bisa merasa tingkat stres agak menurun.

2. Teh

Dengan meminum teh, maka saraf yang lelah bisa ditenangkan dan ini bisa terjadi karena adanya beberapa senyawa di dalamnya yang berfungsi untuk mengurangi risiko gejala depresi.

3. Swiss Chard

Magnesium yang terdapat pada Swiss Chard dan sayuran berdaun lainnya membantu menyeimbangkan hormon tubuh bernama kortisol, yaitu sebuah hormon tubuh yang bisa disebut hormon stres.

4. Ikan berlemak

Lemak Omega-3 pada ikan seperti salmon, sarden, dan tuna membantu dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin agar anda tetap bisa tenang.

5. Pretzel

Pretzel yang dimaksud adalah pretzel gandum utuh tanpa campuran apapun, karena selain mengenyangkan karbohidrat yang ditawarkan membuat energi meningkat dan dapat memicu otak agar bisa melepaskan zat kimia bernama serotonin yang membuat anda nyaman.

6. Wortel

Terkadang memakan makanan yang penuh nutrisi seperti wortel bisa meredakan tingkat stres. Tidak hanya wortel, sayuran segar yang garing seperti seledri juga bisa, apalagi karena rasa renyah dan garingnya yang memuaskan tidak membuat kandungan kalori anda meningkat.

7. Susu

Meminum susu rendah lemak (1 persen) atau skim sebelum tidur di malam hari bisa memberikan anda Vitamin B, Vitamin D, protein, dan kalsium yang berguna untuk tulang dan otot.

8. Yogurt

Menikmati yogurt adalah salah satu cara agar menurunkan kadar stres daripada memilih es krim, karena bakteri probiotik yang disebut Lactobacillus dapat membantu mengurangi stres, gejala kecemasan, dan depresi.

9. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, pistachio dan kenari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dengan vitamin dan zinc.

10. Coklat

Coklat, apalagi coklat yang hitam, dikatakan dapat menurunkan tingkat stres seseorang serendah mungkin, karena coklat mengandung gula (karbohidrat) yang membuatnya bisa mengeluarkan serotonin.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #wajib #dibaca #makanan #dapat #membantu #menurunkan #stres

KOMENTAR