6 Manfaat Rutin Konsumsi Telur, Bantu Meningkatkan Kesehatan Mata dan Tulang!
ilustrasi sarapan telur. Sumber foto: Freepik
10:37
18 Februari 2024

6 Manfaat Rutin Konsumsi Telur, Bantu Meningkatkan Kesehatan Mata dan Tulang!

 

Telur diketahui sebagai sumber protein dan kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, plus disukai banyak orang karena mudah diolah menjadi beragam masakan lezat misal dengan cara direbus.

Menurut USDA, satu butir telur utuh berukuran besar mengandung Kalori: 70; Protein: 6 gram; Jumlah lemak: 5 gram; Lemak jenuh: 2 gram; Karbohidrat: 0 gram; Vitamin B12: 0,5 mcg; Vitamin D: 1,24 mcg; Kolin: 169 mg.

Dikutip JawaPos.com dari EatingWell, Minggu (18/2), berikut manfaat konsumsi telur bagi kesehatan:

1. Sumber energi

Meskipun terbilang punya ukuran kecil, telur memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan.

Kuning telur khususnya merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan kolin penting untuk membantu tubuh memproses makanan menjadi energi.

2. Rambut dan kulit lebih sehat

Telur punya beberapa sumber vitamin B termasuk vitamin B2, B5, dan B12. Semua nutrisi tersebut memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh misal menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Semua vitamin B larut dalam air, artinya vitamin tersebut tidak bertahan lama di tubuh dan tidak mudah disimpan. Jadi, konsumsi secara teratur baik untuk memastikan kebutuhan terpenuhi. Telur juga kaya akan asam amino (protein pembangun) seperti metionin membantu meningkatkan warna dan kelenturan kulit serta kekuatan rambut dan kuku.

3. Bantu berpikir lebih jernih

Telur kaya akan mikronutrien kolin, digunakan untuk menciptakan membran sel dan neurotransmiter penting dalam tubuh.

Kolin penting untuk daya ingat, suasana hati, kontrol otot, dan fungsi sistem saraf secara umum.

Satu butir telur memenuhi sekitar 6 persen kebutuhan kolin harian sehingga mengonsumsi telur dapat bantu mendukung kesehatan otak.

4. Bantu penglihatan lebih baik

Kuning telur mengandung dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang memainkan peran penting dalam perkembangan mata dan kesehatan penglihatan, serta menurunkan risiko penyakit mata umum berkaitan dengan usia.

5. Tulang lebih kuat

Vitamin D penting untuk mengatur tekanan darah, menurunkan risiko kanker tertentu, dan dapat memainkan peran positif dalam kesehatan mental. Salah satu fungsi terpenting vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang.

Hal ini dilakukan dengan meningkatkan penyerapan kalsium di usus, dan membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam kisaran yang mendorong pertumbuhan tulang sehat dan remodeling tulang. Satu butir telur memenuhi 6 persen kebutuhan vitamin.

6. Tingkatkan kesehatan jantung

Satu butir telur menghasilkan sekitar 207 miligram kolesterol, yaitu 69 persen dari batas harian. Meskipun demikian, mengonsumsi makanan berkolesterol tidak berkorelasi langsung dengan peningkatan kadar kolesterol darah.

Penelitian dari Nutrients menunjukkan beberapa makanan tinggi kolesterol dikaitkan dengan risiko penyakit jantung terutama kandungan lemak jenuh dalam kuning telur, tapi telur mendapatkan pengecualian karena nilai gizinya yang tinggi.

Telur merupakan sumber nutrisi yang menyehatkan jantung dengan kandungan potasium, folat, dan vitamin B.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua butir telur per hari bantu meningkatkan kesehatan jantung.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #rutin #konsumsi #telur #bantu #meningkatkan #kesehatan #mata #tulang

KOMENTAR