Beginilah Cara Kerja Vitamin B1 yang Dibutuhkan Remaja Jompo Dijelaskan oleh Dr. Sung
Vitamin B1/ YouTube @SB30Health
04:06
18 Februari 2024

Beginilah Cara Kerja Vitamin B1 yang Dibutuhkan Remaja Jompo Dijelaskan oleh Dr. Sung

Vitamin B1 meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pembentukan darah, metabolisme karbohidrat, dan memproduksi asam lambung.

Vitamin B1 bertindak sebagai antioksidan yang melindungi dari penuaan dini juga konsumsi alkohol dan merokok.

Dikutip dari kanal YouTube @SB30Health (10/9), penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B1 disebut beri-beri.

Gejalanya adalah sembelit, bengkak terutama pada tungkai, pembesaran hati, kelelahan, sering lupa, gangguan pada sistem pencernaan, iritabilitas, kehilangan nafsu makan, atrofi otot, kegugupan, mati rasa pada tangan atau kaki, kesemutan, kelelahan seluruh tubuh, dan penurunan berat badan.

Benfotiamine ialah larutan dalam lemak jadi akan tersimpan dalam tubuh lebih lama dibanding vitamin B1 yang larut pada air. Dan digunakan untuk neuropathy perifer yang disebabkan karena alcoholic.

Benfotiamine bisa didapatkan pada bawang putih yang dipanggang atau dicincang, bawang bombai, merah dan daun bawang.

Vitamin B1 telah terbukti menstabilkan membrane sel saraf yang harus dihasilkan selama embriogenesis dan juga memperlambat kematian sel.

Selain itu juga terbukti terlibat dalam transformasi membrane plasma sel, epitel rahim selama kehamilan. Maka dari itu vitamin ini berperan penting dalam fungsi reproduksi wanita.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B1, yaitu kuning telur, beras merah, kacang polong, kacang tanah, hati, unggas, bibit gandum, oat, asparagus, brokoli, kelf, kismis, dan selada air.

Faktor yang menurunkan vitamin B1.

Antibiotik karena terdapat zat-zat gizi yang menurun dalam tubuh akibatnya, phenytoin, Obat untuk kejang, obat-obatan sulfa, pil kontrasepsi oral, alkohol, kafein.

Selanjutnya pola diet tinggi karbohidrat, gangguan makan, gangguan saluran pencernaan, muntah terus menerus, pasien kemoterapi, gagal jantung. 

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #beginilah #cara #kerja #vitamin #yang #dibutuhkan #remaja #jompo #dijelaskan #oleh #sung

KOMENTAR