Mengenal Penyebab Kanker Sarkoma, Penyakit yang dialami Alice Norin
Instagram Alice Norin
21:06
16 Pebruari 2024

Mengenal Penyebab Kanker Sarkoma, Penyakit yang dialami Alice Norin

 Artis Alice Norin mengungkapkan jika dirinya mengidap kanker sarkoma, melalui unggahan akun Instagram pribadinya @alicenorin, dikutip dari POJOK SATU. Wanita berambut panjang itu mengaku harus mengangkat rahimnya untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Kanker sarkoma merupakan jaringan lunak menjadi salah satu tumor ganas (kanker) yang jarang ditemukan.

Jumlahnya hanya 1 persen kasus pada orang dewasa, dan 7—10 persen pada anak-anak dan dewasa muda. Sarkoma jaringan lunak ini bisa menyerang bagian tubuh manapun.

 

Kebanyakan kanker sarkoma menyerang perut, lengan, dan tungkai. Namun yang perlu diingat, risiko mengalami kanker sarkoma ini akan meningkat seiring pertambahan usia.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Cancer Association disebutkan kalau sarkoma jaringan lunak terjadi akibat mutasi DNA di dalam sel, sehingga berkembang di luar kendali.

Sel-sel yang abnormal ini kemudian akan membentuk tumor yang bisa menyerang jaringan di sekitarnya. Bahkan, bisa menyebar ke tubuh bagian lain.

Masalahnya, hingga saat ini penyebab terjadinya mutasi DNA belum dapat diketahui secara pasti.

 

Dengan kata lain, penyebab dari sarkoma jaringan lunak pun hingga kini belum diketahui. Virusnya menyerang orang dengan sistem imunitas yang lemah.

Meskipun penyebabnya belum diketahui pasti, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang dihubungkan dengan munculnya sarkoma.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker sarkoma antara lain:

 

1. Sindrom yang diwariskan

Beberapa sindrom meningkatkan risiko kanker dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Contoh sindrom yang meningkatkan risiko sarkoma termasuk retinoblastoma familial dan neurofibromatosis type 1.

2. Terapi radiasi untuk kanker

Pengobatan radiasi untuk kanker justru meningkatkan risiko berkembangnya sarkoma di kemudian hari.

3. Pembengkakan kronis

Limfedema adalah pembengkakan yang disebabkan oleh cadangan cairan getah bening yang terjadi ketika sistem limfatik tersumbat atau rusak. Hal ini meningkatkan risiko munculnya sarkoma yang disebut angiosarcoma.

4. Paparan bahan kimia

Bahan kimia tertentu, seperti beberapa bahan kimia industri dapat meningkatkan risiko sarkoma yang mempengaruhi hati.

5. Paparan virus

Virus yang disebut human herpesvirus 8 dapat meningkatkan risiko sejenis sarkoma, yang disebut sarkoma Kaposi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mengenal #penyebab #kanker #sarkoma #penyakit #yang #dialami #alice #norin

KOMENTAR