Manfaat Kunyit Obati Berbagai Penyakit dan Cara Mengonsumsinya
ILUSTRASI. Masker kunyit bisa membuat rambut lebih kuta dan berkilau. (health.com)
19:19
13 Februari 2024

Manfaat Kunyit Obati Berbagai Penyakit dan Cara Mengonsumsinya

 - Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang digunakan untuk masakan. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kunyit adalah antimikroba yang kuat, bisa bertindak sebagai antivirus, bakteri, antijamur, atau parasit. Kunyit sangat baik dikonsumsi ketika sedang tidak fit.

Dikutip dari kanal YouTube SB30Health (18/2), rempah juga mempunyai efek untuk kardiovaskular atau kesehatan jantung dan pembuluh darah, membantu memperlambat pembentukan plak serta melindungi lapisan endoterial.

Lapisan endoterial sangat rentan akan terjadinya peradangan atau inflamasi. Kunyit juga baik untuk hati karena melindungi dari pembentukan lemak dan fibrosis.

Beberapa zat juga dapat meningkatkan garam empedu sehingga memberi efek positif untuk pencernaan dan meningkatkan vitamin larut lemak.

Kurkumin dalam kunyit melindungi DNA dari radikal bebas dan membantu memperbaiki serta membantu sel yang yang rusak melakukan apoptosis atau kemampuan untuk bunuh diri. Jika sel-sel tersebut tidak mampu melakukan apoptosis akan mengakibatkan terjadinya cancer.

Banyak penelitian tentang kurkumin dapat melindungi prediabetes menjadi diabetes dan pada saat bersamaan penggunaan kunyit bisa mengurangi komplikasi diabetes.

Terakhir manfaat terapiotik yang baik dalam menjadi adaptogen, yaitu sesuatu yang dapat membantu toleransi terhadap stress dan gangguan kecemasan.

Cara agar kunyit bisa diserap baik bagi tubuh. Menyertakan lemak dalam mengkonsumsi kunyit. Seperti larutan dalam teh, susu organik, santan, serta makanan. Tips jika memasak hidangan dengan bumbu rempah jangan dipanaskan terlalu lama itu akan mengurangi manfaat di dalamnya. Disarankan menambahkan lada hitam atau putih karena dapat meningkatkan penyerapan dari nutrisi-nutrisi pada kunyit. (*)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #manfaat #kunyit #obati #berbagai #penyakit #cara #mengonsumsinya

KOMENTAR