8 Dampak Buruk Minum Bersoda Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya
ilustrasi minuman soda./ Sumber foto: pexels
13:37
12 Pebruari 2024

8 Dampak Buruk Minum Bersoda Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya

 

Soda terbuat dari air biasa yang melalui proses karbonasi atau proses pencampuran karbondioksida dengan tekanan tinggi. 

Soda juga biasanya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan. Minuman yang bersoda biasanya mengandung pewarna, pengawet, kafein, sodium, serta zat tambahan lainnya.

Bahkan, beberapa jenis minuman bersoda juga mengandung kafein dan alkohol meski dalam jumlah yang sedikit.

Dikutip dari WebMD senin (12/2), berikut ini adalah dampak buruk minum soda bagi kesehatan.

Informasi Nutrisi
Satu porsi cola 12 ons mengandung:
Kalori: 156
Protein: 0 gram
Lemak: 0,93 gram
Karbohidrat: 38,7 gram
Gula: 37 gram
Kebanyakan kaleng soda mengandung 12 ons cairan, atau satu setengah porsi. Selain itu, sebagian besar minuman soda tidak mengandung mineral atau vitamin utama. 

Dampak buruk bagi kesehatan

1. Obesitas

Minuman soda yang kamu pikir dapat dikonsumsi sebagai minuman diet untuk mencegah kenaikan berat badan, hal tersebut merupakan mitos belaka.

Pasalnya, soda bebas gula yang kamu konsumsi sebagai minuman diet ternyata mengandung gula 200-600 kali lipat lebih banyak. Hal ini tentu akan membuat lemak di perut kamu menumpuk sebanyak tiga kali lipat. 

2. Kecanduan gula

Gula mungkin membuat ketagihan, terutama bagi orang-orang dengan bentuk kecanduan lainnya. Beberapa bagian otak yang terlibat saat seseorang menyalahgunakan narkoba juga terlibat saat Anda makan, memungkinkan terciptanya sinyal mirip kecanduan saat Anda mengonsumsi makanan tertentu.

3. Penyakit Jantung

Asupan gula dikaitkan dengan tekanan darah, kolesterol tinggi dan kelebihan lemak, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Kerusakan gigi

Asam dan gula dalam minuman ringan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kesehatan mulut yang buruk.

5. Kanker

Soda dan minuman manis lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pankreas . Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita pasca menopause mungkin memiliki risiko lebih besar terkena kanker rahim jika mereka mengkonsumsi minuman bersoda.

6. Diabetes

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda membuat pankreas harus menghasilkan lebih banyak insulin untuk menghilangkan glukosa dari aliran darah. Kadar insulin pun meningkat sehingga memicu terjadinya resistensi insulin.

Resistensi insulin merupakan penyebab utama dibalik sindrom metabolik atau batu loncatan menuju diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

7. Merusak Ginjal 

Soda juga dapat membahayakan ginjal, terutama jika Anda seorang wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari.

Hal ini ditemukan dalam sebuah studi. Kelompok wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari mengalami penurunan fungsi ginjal 30 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minuman bersoda.

8. Demensia

Kadar gula darah yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia, khususnya dalam bentuk penyakit Alzheimer.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dampak #buruk #minum #bersoda #bagi #kesehatan #berikut #penjelasannya

KOMENTAR