7 Alasan Kamu Harus Makan Buah Nanas, Simak Nutrisi dan Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh
Nanas termasuk salah satu buah yang disukai semua orang dan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. (Freepik)
22:37
14 Oktober 2024

7 Alasan Kamu Harus Makan Buah Nanas, Simak Nutrisi dan Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

- Nanas merupakan salah satu buah tropis yang mudah didapatkan di Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini memiliki banyak penggemar, terutama mereka yang suka mencampurnya dengan bumbu rujak.

Selain menyegarkan jika dimakan siang hari, nanas ternyata memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Nanas termasuk buah yang rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral. Sehingga, cocok untuk dimakan bagi mereka yang sedang diet.

Melansir laman Medical News Today, buah ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Amerika untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. Nanas juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti Vitamin C, magnesium, serat, tembaga, dan kalium.

Kandungan dalam nanas tersebut dapat membantu tubuh mengatasi dan mencegahnya dari penyakit. Berikut manfaat nanas bagi tubuh:

Mempercepat penyembuhan

Mengutip Cleveland Clinic, nanas mengandung enzim bromelain memiliki fungsi sebagai enzim penyembuhan untuk kulit dan jaringan.

Enzim ini juga membantu tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada tubuh.

Mengurangi berat badan

Nanas juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi berat badan karena buah ini rendah kalori. Dalam laman Food Struct dijelaskan bahwa setiap 100 gram nanas hanya mengandung 50 kalori dan 13,1 gram karbohidrat.

Sehingga, mengkonsumsi nanas sebagai camilan yang sehat sangat cocok ketika anda sedang melakukan diet.

Bagus untuk kulit

Kandungan Vitamin C pada nanas juga dapat menutrisi kulit agar tetap terlihat sehat. Vitamin C yang bersifat antioksidan dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat polusi dan sinar matahari dan mencegah dari kerutan.

Mencegah asma

Nanas juga memiliki kandungan beta karoten dan bromelain yang mampu mencegah penyakit asma. Kandungan beta karoten juga dapat ditemukan pada sayur dan buah lain, seperti mangga, wortel, brokoli dan pepaya.

Membantu pencernaan lancar

Nanas mengandung enzim protease yang bertugas untuk memecah protein pada makanan menjadi asam amino sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Selain itu, kandungan bromelain pada nanas juga berfungsi melindungi usus dari bakteri berbahaya penyebab diare.

Mencegah kanker

Kandungan bromelain pada nanas ternyata memiliki banyak fungsi bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah kanker. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bromelain mampu melawan pembentukan sel kanker dan tumor.

Memperkuat tulang

Nanas mengandung tembaga yang juga dibutuhkan dalam perkembangan tulang untuk menyerap sel-sel tulang yang rusak ke dalam darah.

Nanas juga mengandung mineral penting seperti mangan yang berguna dalam pembentukan tulang dan mencegah tulang dari pengeroposan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #alasan #kamu #harus #makan #buah #nanas #simak #nutrisi #vitamin #yang #bermanfaat #bagi #tubuh

KOMENTAR