Stres Ternyata Bisa Bikin Kulit Kusam, Simak 7 Penyebab Lainnya
Ilustrasi kulit kusam. (WomensOK.com)
13:16
14 Oktober 2024

Stres Ternyata Bisa Bikin Kulit Kusam, Simak 7 Penyebab Lainnya

- Kulit kusam membuat kita tampil menjadi kurang percaya diri. Apalagi bila tengah berada di posisi ada banyak orang yang kulitnya justru tampak terlihat cerah.

Kulit kusam sendiri akan tampak datar atau bahkan abu-abu dan terasa kasar hingga bergelombang saat disentuh. Tentu ada cara untuk mengatasinya. Namun sebelum ke sana, Anda perlu mengetahui penyebabnya.    Apa yang menyebabkan kulit kusam? Kulit kusam secara umum disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit dan dapat terjadi pada usia berapa pun dan dalam cuaca apa pun.   Adapun penyebab lain kulit kusam, dikutip dari Olay, adalah sebagai berikut:  

  1. Sel kulit mati   Tiap orang sebetulnya melepaskan jutaan sel kulit mati setiap hari yang dapat menumpuk satu sama lain seperti partikel debu di permukaan. Lapisan kulit mati ini mencegah kulit Anda memantulkan cahaya dan dapat membuat wajah Anda tampak lebih pucat.   Namun, Seiring bertambahnya usia, kemampuan pembaruan permukaan kulit Anda menurun yang menyebabkan peningkatan penumpukan sel kulit mati. Hingga akhirnya membuat kulit tampak kusam.   2. Radikal bebas   Tahukah Anda bahwa radikal bebas berupa polusi juga dapat mempengaruhi kulit menjadi kusam? Ya, benar. Kotoran dan sulfur dioksida di udara menciptakan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh, termasuk pada kulit Anda.   Tak hanya itu, radikan bebas juga bisa merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen yang menyebabkan kulit Anda tampak lelah dan kusam.   3. Stres   Selain faktor-faktor luar yang bisa menyebabkan wajah kusam, stres adalah salah satu faktor dalam tubuh yang bisa membuat kulit kusam.    Sebab, saat Anda stres, respons melawan atau lari akan muncul dan mengalihkan aliran darah dari wajah ke bagian tubuh lain, seperti otot. Sehingga wajah tampak kurang bersemangat dan kusam.   4. Kurang tidur  

  Kurang tidur bisa membuat kulit Anda kusam. Pasalnya, saat Anda tidur, kulit Anda seharusnya memiliki kesempatan untuk memperbarui dan memperbaiki dirinya sendiri.   Hal ini terjadi berkat peningkatan kadar melatonin dalam tubuh Anda, pelepasan hormon pertumbuhan manusia yang memungkinkan perbaikan jaringan, dan penurunan kortisol, yang merupakan hormon stres dalam tubuh Anda.    Oleh karena itu, hanya beberapa malam yang kurang tidur saja sudah cukup untuk memunculkan tanda-tanda kelelahan yang terlihat, dan ini dapat mencakup kulit yang kusam.   5. Dehidrasi   Bila Anda tidak minum cukup air atau jika cuaca di luar sangat kering, jumlah kelembapan di bawah permukaan kulit Anda dapat menurun, sehingga kulit Anda tampak kempes dan kusam, bukannya kencang dan cerah.   6. Membiarkan riasan menempel semalaman.   Jika Anda lupa menghapus riasan sebelum tidur, pada dasarnya Anda mencegah kulit memperbarui dirinya sendiri dengan tidak membiarkan pori-pori bernapas.    Hal ini dapat menyebabkan kulit kusam, iritasi dan penuaan dini.   7. Melewatkan eksfoliasi.  

  Eksfoliasi membantu menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit Anda. Jika Anda melewatkan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa wajah Anda tampak kusam dan lelah.   8. Gaya hidup yang tidak sehat   Gaya hidup tak sehat itu meliputi merokok, kurang olahraga, dan pola makan yang sebagian besar terdiri dari makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak.   Semua gaya hidup itu dapat merusak kecerahan kulit Anda dan membuatnya tampak lebih kusam.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #stres #ternyata #bisa #bikin #kulit #kusam #simak #penyebab #lainnya

KOMENTAR