Ada Pepaya hingga Nanas, 10 Buah yang Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong
Buah nanas sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. (Freepik)
12:34
13 Oktober 2024

Ada Pepaya hingga Nanas, 10 Buah yang Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong

– Mengonsumsi buah-buahan tentu saja adalah hal yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemui dalam buah-buahan.

Misalnya seperti serat yang terkenal baik bagi pencernaan, dan vitamin c yang baik bagi tubuh. Beberapa dari kita mungkin suka memakan buah di pagi hari sebagai menu sarapan yang kaya akan serat dan vitamin.

Sayangnya, tidak semua buah baik dimakan dalam keadaan perut kosong. Menurut medindia, berikut ini 10 buah yang sebaiknya dihindari saat perut kosong:

1. Pepaya

Di dalam buah papaya terdapat kandungan enzim papain yang membantu pencernaan protein. Jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, papain dapat mengiritasi lapisan perut.

2. Jambu biji

Jambu biji adalah buah yang memiliki kandungan serat tinggi, hal ini akan menyebabkan perut kembung dan sembelit jika dimakan saat perut kosong.

3. Mangga

Sama halnya dengan jambu biji, memakan mangga dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan kembung dan sembelit.

4. Pir

Buah-buahan kaya serat lainnya adalah pir, jika dimakan dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan kembung dan sembelit.

5. Melon

Melon adalah buah yang memiliki kadar gula tinggi. Kandungan gula tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan sangat cepat jika dimakan dalam keadaaan perut kosong.

6. Jeruk

Jeruk dan buah-buaha sejenisnya yang asam lainnya dapat memicu gangguan pencernaan seperti mulas dan asam lambung jika dikonsumsi saat perut kosong.

7. Anggur

Aggur dapat menyebabkan lonjakan insulin dan ketidaknyamanan pencernaan jika dimakan dalam keadaan perut kosong.

8. Apel

Sama halnya dengan buah pir yang mengandung serat tinggi. Buah ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan penecernaan jika dimakan dalam perut kosong.

9. Buah beri

Buah beri terkenal kaya akan serat dan antioksidan, hal ini menyebabkan buah beri dapat memicu masalah pencernaan jika dimakan dalam keadan perut kosong.

10. Nanas

Nanas kaya akan vitamin C dan bromelain yang sangat baik bagi pencernaan. Namun, bromelain dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman, termasuk gangguan pencernaan, dan kembung jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

 

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pepaya #hingga #nanas #buah #yang #tidak #baik #dikonsumsi #saat #perut #kosong

KOMENTAR