Bukan Panu! Ini Dia Penyebab Bercak Putih di Wajah Anak , Menurut Dokter Spesialis
Orang tua mengoleskan sunscreen pada anaknya./(Pexels/Kampus Production)
15:20
4 Februari 2024

Bukan Panu! Ini Dia Penyebab Bercak Putih di Wajah Anak , Menurut Dokter Spesialis

– Apakah Anda pernah melihat bercak-bercak putih kering di wajah, leher, atau lengan anak Anda? Apakah Anda mengira itu adalah panu atau jamur yang menular? Jika ya, Anda mungkin salah besar.

Mengutip dari thread akun X (dulunya bernama twitter) dr. Mesty Ariotedjo Sp.A, MPH, @mestyariotedjo, Minggu (4/2), bercak putih tersebut bisa jadi adalah pityriasis alba, suatu gangguan kulit yang sering terjadi pada anak-anak, terutama yang berusia 3-16 tahun.

Pityriasis alba adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi lebih terang dari warna normalnya di beberapa bagian tubuh. Bercak putih ini biasanya tidak gatal dan tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi bisa menurunkan rasa percaya diri anak yang mengalaminya.

Pityriasis alba sering disalah artikan sebagai panu atau jamur, padahal sebenarnya berbeda. Panu atau jamur biasanya menimbulkan rasa gatal, bersisik, dan mudah menular. Sedangkan pityriasis alba tidak memiliki gejala tersebut.

Penyebab pityriasis alba belum diketahui pasti, tetapi diduga berkaitan dengan kulit kering, eksim, atau paparan sinar matahari. Kulit kering dan eksim bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi.

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi lebih gelap, sehingga kontras dengan bercak putih yang ada. Faktor lain yang bisa mempengaruhi adalah faktor genetik, hormonal, atau imunologis.

Melansir dari Healthline, Minggu (4/2), untuk mencegah dan mengobati pityriasis alba, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

- Gunakan pelembab kulit yang mengandung ceramide dan colloidal oatmeal

Ceramide adalah suatu zat yang membantu menjaga kelembaban dan fungsi pelindung kulit. Colloidal oatmeal adalah suatu bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-gatal.

Pelembab kulit yang mengandung kedua bahan ini bisa membantu mengatasi gejala eksim dan kulit kering yang bisa menyebabkan pityriasis alba.

- Gunakan tabir surya yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide

Tabir surya adalah suatu produk yang membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, seperti kemerahan, kerusakan, atau kanker kulit.

Tabir surya yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide adalah yang paling aman dan efektif untuk anak-anak, karena tidak mudah terurai oleh sinar matahari dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Tabir surya ini bisa membantu mencegah kulit menjadi lebih gelap dan meningkatkan kontras dengan bercak putih.

- Gunakan krim steroid yang diresepkan oleh dokter.

Krim steroid adalah suatu obat yang bisa mengurangi peradangan dan gatal pada kulit. Krim steroid bisa membantu mempercepat penyembuhan pityriasis alba, tetapi harus digunakan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk dokter.

Krim steroid tidak boleh digunakan terlalu lama atau terlalu sering, karena bisa menimbulkan efek samping, seperti tipisnya kulit, jerawat, atau infeksi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut untuk membantu mengatasi pityriasis alba

- Hindari mandi dengan air panas atau sabun yang keras, karena bisa membuat kulit semakin kering dan iritasi.

- Hindari menggaruk atau menggosok kulit yang terkena, karena bisa memperparah kondisi kulit dan meningkatkan risiko infeksi.

- Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun, karena bisa memberikan kenyamanan dan mengurangi gesekan pada kulit.

- Jaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci muka dan tubuh dengan air hangat dan sabun lembut.

- Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta cukup minum air putih, untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Pityriasis alba adalah suatu gangguan kulit yang sering terjadi pada anak-anak, tetapi bukanlah sesuatu yang berbahaya atau menular.

Anda tidak perlu khawatir atau panik jika melihat bercak putih di wajah anak Anda, tetapi Anda juga tidak boleh mengabaikannya.

Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anak Anda dengan rutin menggunakan pelembab, tabir surya, dan krim steroid jika diperlukan.

Dengan begitu, Anda bisa membantu anak Anda tumbuh dengan percaya diri dan bahagia.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #bukan #panu #penyebab #bercak #putih #wajah #anak #menurut #dokter #spesialis

KOMENTAR