Ketahui Manfaat Deep Conditioner untuk Perawatan pada Rambut Kering, Serta Cara Tepat untuk Penggunaannya
Deep Conditioner Ampuh Rawat Rambut Kering / Sumber : Freepik
16:37
10 Januari 2024

Ketahui Manfaat Deep Conditioner untuk Perawatan pada Rambut Kering, Serta Cara Tepat untuk Penggunaannya

– Jika memiliki rambut kering disarankan untuk menggunakan deep conditioner untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dan lebih mudah diatur.

Rambut kering umumnya kekurangan kelembapan baik dari eksternal maupun produksi minyak alami secara internal.

Sangat penting untuk mengetahui cara memilih deep conditioner yang tepat dan menjaga agar rambut tetap terhidrasi.

Tingkat kelembaban rambut bergantung pada jumlah sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang terletak di folikel rambut. Sebum adalah minyak yang melumasi kulit, kulit kepala, dan rambut.

Jumlah sebum yang dihasilkan oleh kulit kepala setiap orang berbeda-beda dan dapat berfluktuasi sepanjang hidup.

Faktor-faktor seperti usia, hormon, stres, dan pemicu lingkungan dapat mempengaruhi produksi sebum.

Kurangnya dalam produksi sebum dapat membuat helai rambut menjadi kering, poros, dan rapuh.

Selain itu, penggunaan pengering rambut atau catokan juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Dikutip JawaPos.Com dari Healthline, Rabu (10/1).

Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan deep conditioner saat perawatan rambut, terutama bagi yang sering menggunakan alat pengering rambut atau catokan.

Kondisioner mengandung beberapa bahan, seperti humektan untuk menambah kelembaban pada rambut dan emolien untuk melembutkan rambut dan mengurangi kehilangan kelembaban dengan membentuk lapisan pelindung di sekitar helai rambut.

Deep conditioner mengandung konsentrasi bahan emolien dan humektan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisioner harian. Deep conditioner juga bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama di rambut, yaitu 20 hingga 30 menit.

Manfaat Deep Conditioner

1. Menata Rambut

Deep conditioner membantu menyusun rambut, membuatnya lebih mudah untuk disisir dan mengurangi kekusutan pada helai rambut.

2. Mengurangi Rambut Kusut

Deep conditioner juga membantu mengurangi frizz atau rambut yang kusut, serta menciptakan tampilan yang lebih teratur dan rapi.

3. Meningkatkan Kilau

Deep conditioner dapat memberikan kilau tambahan pada rambut, membuatnya terlihat lebih sehat dan bercahaya dari rambut pada umumnya.

4. Meningkatkan Kelenturan

Deep conditioner juga dapat meningkatkan kelenturan pada rambut, dan membuatnya terasa lebih lembut dan mudah diatur.

Cara Menggunakan Deep Conditioner di Rumah

1. Pakai Shampo Terlebih Dahulu, Jika Perlu

Gunakan sampo hanya jika diperlukan. Namun, saat kulit kepala tidak kotor atau berminyak, maka bisa langsung dibilas sebelum menggunakan deep conditioner.

2. Terapkan Berdasarkan Jenis Rambut

Penggunaan deep conditioner disarankan berdasarkan jenis rambut. Jika memiliki rambut kering atau keriting yang rapat, disarankan untuk memakai deep conditioner hingga ke akar rambut.

Namun, jika rambut lebih berminyak, deep conditioner dapat diaplikasikan dari pertengahan hingga ujung rambut, dan kondisioner reguler dapat digunakan lebih dekat dari kulit kepala.

3. Sisir Rambut

Gunakan jari atau sisir bergigi lebar untuk menyisir deep conditioner agar merata di seluruh helai rambut. Disarankan untuk mengaplikasikan deep conditioner terutama pada bagian bawah rambut hingga ujung rambut.

4. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Setiap produk bisa memiliki instruksi yang berbeda, jadi penting untuk membaca keterangan pada kemasan.

5. Bilas dengan Air Dingin

Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Hal ini disarankan untuk membantu menutup pori-pori rambut dan menjaga kelembaban yang diberikan oleh deep conditioner.

Selain membeli produk deep conditioner, ternyata produk tersebut dapat dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan seperti alpukat, telur, dan minyak zaitun karena kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu memperbaiki dan memperkuat helai rambut.

Berikut cara pembuatan deep conditioner yang bisa dibuat saat di Rumah :

1. Resep Pertama

Bahan yang harus disiapkan yakni setengah buah alpukat, satu butir telur, satu sendok makan minyak zaitun.

Setelah itu, campur bahan-bahan dengan menggunakan garpu, kemudian aplikasikan pada rambut, dan bilas setelah 20 hingga 30 menit dengan air dingin.

2. Resep Kedua

Bahan yang disiapkan adalah satu cangkir yogurt Yunani, setengah buah alpukat, dua sendok makan minyak zaitun, satu sendok makan madu.

Setelah bahan siap, campur semua bahan hingga rata , kemudian aplikasikan pada rambut, dan bilas setelah 20 hingga 30 menit dengan air dingin.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #ketahui #manfaat #deep #conditioner #untuk #perawatan #pada #rambut #kering #serta #cara #tepat #untuk #penggunaannya

KOMENTAR