Serotonin vs Dopamin: Ketahui Perbedaan Antara Dua Hormon Bahagia yang Tingkatkan Mood
ilustrasi seorang wanita tertawa. Sumber foto: Freepik
13:07
3 Februari 2024

Serotonin vs Dopamin: Ketahui Perbedaan Antara Dua Hormon Bahagia yang Tingkatkan Mood

- Ketika berbicara tentang suasana hati dan hormon bahagia, dopamin dan serotonin sering kali digunakan bersamaan serta diketahui memengaruhi perasaan kita.

Serotonin, neurotransmitter pengaturan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Hal ini meningkatkan perasaan sejahtera dan relaksasi, juga stabilitas emosional.

Tingkat serotonin yang rendah dikaitkan dengan kondisi seperti depresi dan kecemasan, menyoroti perannya dalam menjaga kesehatan mental, kata psikiater Pankaj B Borade, dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Sabtu (3/2).

Dopamin, neurotransmitter terkait sistem penghargaan, motivasi, dan kesenangan otak yang memainkan peran penting dalam memperkuat perilaku dan kontrol motorik.

Gangguan pada tingkat dopamin berimplikasi pada gangguan seperti penyakit parkinson dan skizofrenia, menekankan pentingnya pada fungsi mental secara keseluruhan.

Serotonin dan dopamin sering disebut sebagai hormon bahagia karena perannya dalam meningkatkan emosi positif dan pengalaman menyenangkan.

Mereka berkontribusi terhadap perasaan gembira, kepuasan, dan motivasi yang mempengaruhi rasa bahagia seseorang. Berikut beberapa persamaannya:

Keduanya neurotransmiter di otak

Serotonin dan dopamin si pembawa pesan kimia yang mengirimkan sinyal antar sel saraf di otak, memfasilitasi komunikasi dalam sistem saraf pusat, jelas sang ahli.

Berperan penting dalam mengatur suasana hati

Mereka mempengaruhi perasaan bahagia dan puas. Mereka penting dalam hal pengaturan suasana hati, kesejahteraan emosional serta stabilitas.

Aspek pengaruh terhadap perilaku dan emosi

Serotonin dan dopamin berdampak pada berbagai aspek perilaku dan emosional. Mereka berkontribusi terhadap motivasi, kesenangan, dan fungsi mental secara keseluruhan.

Berimplikasi pada gangguan kesehatan mental bila tidak seimbang

Ketidakseimbangan kadar serotonin dan dopamin dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, apatis, dan skizofrenia sehingga menekankan peran mereka dalam menjaga kesejahteraan mental.

Mengalami interaksi kompleks dengan neurotransmiter lain

Serotonin dan dopamin tidak bekerja secara terpisah. Fungsinya dipengaruhi oleh interaksi dengan neurotransmiter lain, menyoroti kompleksitas sinyal kimiawi otak.

Meskipun ada kesamaan di antara keduanya, ada juga beberapa perbedaan antara dopamin dan serotonin, apa saja?

Fungsi

Borade mengatakan serotonin terutama berfungsi dalam pengaturan suasana hati dan tidur, berkontribusi terhadap stabilitas emosional.

Dopamin berfokus pada sistem penghargaan dan motivasi otak, memperkuat perilaku dan mempengaruhi kesenangan dan keinginan.

Implikasi

Kadar serotonin yang rendah berkorelasi dengan depresi, sedangkan kelebihan dapat menyebabkan sindrom serotonin merupakan reaksi obat berpotensi mengancam jiwa.

Kadar dopamin rendah dikaitkan dengan sikap apatis, sedangkan kadar dopamin tinggi dikaitkan dengan skizofrenia.

Jalur saraf

Serotonin bertindak terutama dalam sistem limbik, mempengaruhi emosi. Dopamin bekerja di jalur mesolimbik dan mesokortikal, mempengaruhi motivasi dan penghargaan.

Efek fisik

Serotonin mempengaruhi nafsu makan dan pencernaan, sedangkan dopamin mempengaruhi kontrol motorik dan koordinasi.

Kadar normal

Serotonin biasanya berkisar antara 101 hingga 283 nanogram per mililiter. Dopamin bervariasi, berkisar antara 0,28 hingga 0,60 nanogram per mililiter.

Tingkat normal bervariasi secara individual, dan diagnosis didasarkan pada gejala, bukan berdasarkan tingkat absolut.

Penting untuk dicatat bahwa bukan defisiensi absolut, namun disregulasi fungsional yang menyebabkan masalah.

Ketidakseimbangan kadar serotonin dan dopamin dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental.

Oleh karena itu, pemantauan rutin dan intervensi tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang optimal.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #serotonin #dopamin #ketahui #perbedaan #antara #hormon #bahagia #yang #tingkatkan #mood

KOMENTAR