8 Manfaat dari Air Kelapa Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya
kelapa muda./freepik
14:31
31 Januari 2024

8 Manfaat dari Air Kelapa Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya

- Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh.

Bahkan, air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh.

Air kelapa adalah cairan manis, pedas, dan menyegarkan pada kelapa muda. Itu dikemas dengan vitamin dan mineral penting yang membantu mendukung fungsi otot dan saraf serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Air kelapa sangat cocok untuk mengisi kembali cairan setelah diare atau muntah, karena kandungan elektrolitnya yang tinggi.

Dalam air kelapa juga terdapat gula, tetapi kandungan gula ini lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Bukan hanya itu, ada juga kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa.

Dilansir dari Very Well Health (31/1), berikut ini adalah kandungan manfaat dari air kelapa bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi air kelapa
Air kelapa disebut-sebut sebagai minuman olahraga alami karena tingginya kadar vitamin C dan potasium. Ini juga rendah kalori dan lemak. Satu cangkir air kelapa 100% mengandung:
Kalori : 44 gram
Lemak : 0 gram (g)
Natrium : 64 miligram (mg)
Karbohidrat : 10,4 gram
Serat : 0 gram
Gula : 9,6 gram
Protein : 0,5 gram
Vitamin C : 24,3 mg
Kalium : 404 mg

Manfaat air kelapa untuk kesehatan
Tidak salah jika air kelapa muda memiliki berbagai khasiat karena memang tersusun dari kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Di samping menghilangkan rasa haus dan mencegah dehidrasi, minum air kelapa muda juga mendatangkan manfaat kesehatan seperti berikut ini:

1. Menurunkan tekanan darah : Satu cangkir air kelapa mengandung 400 miligram (mg) potasium. Pola makan kaya kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
Alhasil, khasiat air kelapa ini berpotensi mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

2. Melindungi dari radikal bebas : antioksidan dalam air kelapa telah terbukti membantu melawan kerusakan sel dalam tubuh.

3. Mencegah batu ginjal : Air dari kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan membuang kelebihan mineral pembentuk kristal dalam sistem.

4. Tulang dan gigi yang lebih kuat : Kombinasi fosfat dan kalsium dalam air kelapa bekerja sama untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

5. Menstabilkan gula darah : Magnesium dalam air kelapa dapat membantu mengontrol glukosa darah(gula).

6. Mengganti cairan tubuh yang hilang
Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi.

Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

7. Memperlambat penuaan
Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Ini karena kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

8. Pencernaan
Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Hal ini karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #manfaat #dari #kelapa #bagi #kesehatan #berikut #penjelasannya

KOMENTAR