8 Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian Ini Wajib Dikonsumsi Demi Mendapat Kulit Bercahaya dan Terhidrasi
ilustrasi kacang-kacangan dan biji-bijian. Sumber foto: Freepik
16:04
28 Januari 2024

8 Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian Ini Wajib Dikonsumsi Demi Mendapat Kulit Bercahaya dan Terhidrasi

 

 

Menyadari bintik hitam, kerutan, garis halus, dan kulit kusam bisa memicu rasa cemas pada banyak orang.

Meski mereka yang berusia lebih dari 40 tahun memandangnya sebagai bagian alami dari penuaan, wanita yang mengalaminya lebih awal mungkin menganggapnya sebagai tantangan.

Selain proses penuaan, faktor-faktor seperti polusi, paparan sinar matahari, stres, dan gaya hidup tidak sehat juga dapat berdampak pada kulit.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam makanan sehari-hari.

Kacang-kacangan dan biji-bijian berkontribusi membuat kulit bercahaya karena kaya akan profil nutrisinya.

Dikemas dengan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, mereka menjaga kulit tetap terhidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

Makanan ini juga mengandung vitamin E bertindak sebagai antioksidan kuat, melindungi kulit dari stres oksidatif, dan penuaan dini.

Selain itu, mineral seperti zinc berperan penting dalam produksi kolagen, memperbaiki warna kulit, dan mengurangi risiko jerawat.

Untuk mendapatkan kulit bercahaya dan terhidrasi, perlu mengikuti pola makan sehat, gaya hidup aktif, dan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Dalam hal kebiasaan makan, mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran juga penting.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Minggu (28/1), beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam makanan bisa memperoleh kulit bercahaya seiring berjalannya waktu, kata ahli diet Riya Desai.

  1. Almond

Almond merupakan sumber yang kaya vitamin E, antioksidan membantu melindungi kulit dari stres oksidatif disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga mendukung produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, kandungan biotin berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan mendukung regenerasi sel.

“Almond juga dapat mengurangi kerutan, garis halus, dan hiperpigmentasi pada kulit,” jelas Desai.

  1. Kenari

Asam lemak omega-3 dan asam lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kenari berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan mengurangi peradangan dan garis-garis halus.

Kacang kenari juga mengandung zinc untuk menjaga kehalusan kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, vitamin B kompleks dalam kenari membantu melembabkan kulit dan mengurangi garis-garis halus.

  1. Kacang brazil

“Kacang brazil adalah sumber selenium yang sangat baik, mineral dengan sifat antioksidan. Selenium berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mendukung elastisitas kulit secara keseluruhan,” jelas Desai.

  1. Chia seed

Chia seed kaya akan asam lemak omega-3 dikenal dengan sifat anti-inflamasinya. Asam lemak ini membantu menjaga fungsi pelindung kulit, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Biji chia juga sumber zinc, mineral yang mendukung produksi kolagen dan penyembuhan luka.

  1. Flaxseed

Sumber asam lemak omega-3 lainnya yang sangat baik, biji rami atau flaxseed membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap lembab dan kenyal. Flaxseed juga mengandung lignan, senyawa dengan sifat antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

“Vitamin E juga meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus. Selain itu, biji bunga matahari mengandung tembaga, mendukung produksi melanin, berkontribusi pada warna kulit yang sehat,” ungkap Desai.

  1. Biji labu

Biji labu kuning, juga dikenal sebagai pepita, merupakan sumber zinc yang baik, berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Zinc mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka, bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat.

  1. Biji wijen

Biji wijen kaya akan zinc, mineral penting untuk kesehatan kulit. Zinc membantu mengatur produksi minyak, bermanfaat bagi individu dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat.

Selain itu, biji wijen mengandung sesamol, senyawa dengan sifat antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Desai merekomendasikan untuk memasukkan berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian ini sebagai camilan pagi atau sore hari dengan takaran 30 gram per hari.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kacang #kacangan #biji #bijian #wajib #dikonsumsi #demi #mendapat #kulit #bercahaya #terhidrasi

KOMENTAR