4 Makanan Ini Paling Baik Dikonsumsi Perempuan untuk Cegah Kanker Payudara, Apa Saja?
ilustrasi kanker payudara pada perempuan. Sumber foto: Freepik
16:48
7 Oktober 2024

4 Makanan Ini Paling Baik Dikonsumsi Perempuan untuk Cegah Kanker Payudara, Apa Saja?

– Insiden kanker payudara meningkat di kalangan para perempuan di seluruh dunia.

Penyakit ini semakin agresif dan merajalela, jadi penting untuk menerapkan langkah-langkah gaya hidup sehat yang bisa mengurangi kemungkinan munculnya kanker.

Meskipun sedikit yang dapat dilakukan terkait penyebab genetik dan riwayat keluarga, berhenti minum alkohol dan merokok, sering berolahraga, serta konsumsi makanan sehat akan sangat membantu.

Dikutip dari Times of India, Senin (7/10), berikut empat makanan utama yang baik dikonsumsi para perempuan untuk mencegah kanker payudara.

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung dan bayam bisa mencegah kanker payudara. Hal ini karena sayuran tersebut merupakan gudang antioksidan dan dapat mengendalikan radikal bebas penyebab kanker.

Sayuran ini khususnya mengandung antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Sebuah penelitian dari Journal of Nutrition yang dilakukan terhadap lebih dari 7.000 perempuan menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar karotenoid tinggi memiliki risiko kanker payudara lebih rendah.

Teh hijau

Para pecinta teh hijau dapat memperoleh manfaat besar dari konsumsi minuman favorit mereka karena menurut penelitian, polifenol di dalamnya menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Menurut Mount Sinai, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang banyak minum teh hijau memiliki penyebaran kanker paling sedikit.

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Nutrients, efek perlindungan tertinggi dari teh hijau ditemukan dalam pencegahan kekambuhan kanker payudara.

Vitamin D

Baik Anda memperoleh vitamin D dari sinar matahari atau makanan yang diperkaya vitamin D, penting untuk mengonsumsi nutrisi ini guna mengurangi risiko kanker payudara.

Banyak penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

Buah citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, atau nipis mengandung folat, vitamin C, karotenoid, dan antioksidan yang memiliki efek antikanker.

Menurut studi dari Journal of Breast Cancer, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi citrus dalam jumlah cukup memiliki kemungkinan 10 persen lebih kecil untuk terkena kanker payudara.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #makanan #paling #baik #dikonsumsi #perempuan #untuk #cegah #kanker #payudara #saja

KOMENTAR