Cukup Berpengaruh, Inilah Beberapa Alasan Bicara Kepada Diri Sendiri Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental
Berbicara pada diri sendiri secara positif dapat berpengaruh pada kesehatan mental. (Sumber Foto: Adobe Stock)
13:25
27 Januari 2024

Cukup Berpengaruh, Inilah Beberapa Alasan Bicara Kepada Diri Sendiri Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

 - Cara berbicara yang positif dapat memengaruhi cara bertindak atau berperilaku dalam kehidupan nyata.

Dilansir dari Women Healths, Sabtu (27/1), afirmasi memiliki dampak yang cukup besar pada pikiran kita, berikut beberapa manfaat self-talk menurut psikolog dan pelatih kesehatan emosional Anisha Jhunjhunwala.

1. Meningkatkan kepercayaan diri dan kepercayaan diri

Berbicara pada diri sendiri mampu menumbuhkan pola pikir positif, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperkuat kepercayaan diri, dialog batin yang suportif dapat memberikan dorongan untuk mengambil langkah berani dan mengatasi keraguan diri.

2. Pengurangan stres dan kesejahteraan emosional

Berkata pada diri sendiri adalah cara yang ampuh untuk mengurangi stress, dengan membingkai ulang pikiran negatif serta berfokus pada solusi konstruktif.

Selain itu, individu dapat mengelola stres dengan lebih efektif, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan emosional.

3. Peningkatan keterampilan pengambilan keputusan

Menurut pakar tersebut, “Kebiasaan berbicara pada diri sendiri yang sehat mendorong pemikiran yang lebih jernih dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.”

4. Menumbuhkan pertahanan

Pertahanan merupakan komponen kunci dalam menghadapi tantangan hidup, melalui afirmasi positif dan refleksi diri yang konstruktif, pembicaraan diri yang sehat memupuk ketahanan.

 

5. Dampak positif terhadap hubungan

Cara kita berbicara pada diri sendiri memengaruhi interaksi kita dengan orang lain, percakapan diri yang sehat menumbuhkan pendekatan positif dan empati, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan mendorong hubungan yang lebih sehat.

6. Peningkatan motivasi dan pencapaian tujuan

Bicara pada diri yang positif berfungsi sebagai motivator yang kuat, karena hal tersebut individu dapat tetap termotivasi untuk mengejar tujuan mereka.

7. Peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan

Praktik self-talk yang sehat dan konsisten berkontribusi pada rasa sejahtera secara keseluruhan, hal ini berdampak positif pada kesehatan fisik, kejernihan mental, dan stabilitas emosional, kata sang ahli.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cukup #berpengaruh #inilah #beberapa #alasan #bicara #kepada #diri #sendiri #bermanfaat #bagi #kesehatan #mental

KOMENTAR