Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan Kulit dan Rambut, hingga Efek Sampingnya
Buah pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral.
12:02
9 Januari 2024

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan Kulit dan Rambut, hingga Efek Sampingnya

Buah pepaya adalah buah tropis yang sangat populer karena rasanya yang begitu manis dan lezat. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi buah ini juga kaya akan nutrisi, serat, dan enzim yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Dilansir dari eMediHealth, cara terbaik untuk mendapatkan kandungan nutrisi dari pepaya adalah dengan mengonsumsinya, akan tetapi ternyata buah ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan.

Selain menjadi sumber nutrisi ketika dikonsumsi, pepaya juga memiliki kegunaan sebagai perawatan kecantikan untuk meningkatkan penampilan kulit serta rambut yang sehat.

Manfaat Pepaya Sebagai Ramuan Kecantikan

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Pepaya dapat digunakan untuk menjaga kulit agar terlihat awet muda. Sifat antioksidan yang dimiliki pada buah ini dapat menghambat kerusakan serat kulit akibat radikal bebas.

Pepaya juga mengandung enzim papain untuk membantu menyingkirkan kulit dangkal yang rusak lebih cepat sehingga lapisan kulit baru bisa lebih kencang dapat menggantikannya.

Kandungan vitamin C pada pepaya dapat membantu meningkatkan sintesis kolagen dan elastin, untuk meningkatkan pergantian sel sekaligus menambah volume, elastisitas, dan hidrasi kulit.

2. Untuk menyembuhkan jerawat

Facial menggunakan pepaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk mengontrol jerawat. Jerawat sebagian besar disebabkan oleh penumpukan sisa sel, sebum, dan kuman di dalam pori-pori kulit.

Sifat eksfoliasi dari enzim papain dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat untuk mengurangi kemunculan jerawat.

Selain itu, pepaya membantu mencerahkan bekas jerawat dengan mempercepat regenerasi kulit. Lapisan kulit yang rusak akan terkelupas dan digantikan oleh kulit baru yang segar, secara tidak sengaja akan memudarkan noda bekas jerawat ini.

3. Mencerahkan kulit secara alami

Enzim papain pada pepaya membantu melonggarkan ikatan antara sel-sel mati yang menumpuk di permukaan kulit untuk memudahkan pengeluarannya.

Saat lapisan luar kulit yang kusam dan rusak secara bertahap terkelupas, kulit baru yang sehat akan muncul. Proses pengelupasan ini tidak akan mengubah warna kulit, tetapi akan membantu meratakan warna kulit sambil memberikan kilau alami pada wajah.

4. Eksfoliasi kulit

Penumpukan sel-sel mati di permukaan kulit membuatnya terlihat kusam dan tidak sehat. Selain itu, penumpukan sel-sel ini dapat menyumbat pori-pori kulit, yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Enzim papain yang terdapat dalam pepaya bekerja sebagai eksfolian kimia yang lembut untuk kulit wajah yang sensitif.

5. Melembapkan kulit

Daging dari pepaya yang sudah matang mengandung air, lemak, dan karbohidrat dapat membantu menyediakan nutrisi, hidrasi, dan merevitalisasi kulit yang kusam, kering, dan tampak tidak bermaya.

6. Merawat luka

Pepaya diakui memiliki sifat penyembuhan luka yang dapat ditelusuri kembali ke enzim papain di dalamnya.

Enzim papain meningkatkan pergantian sel, yang membantu mempercepat proses perbaikan kulit. Ini juga melindungi luka dari bakteri penyebab infeksi dan mengurangi pembentukan bekas luka.

Penggunaan pepaya pada luka terbuka tidak akan menimbulkan sensasi terbakar atau rasa sakit, sehingga aman digunakan pada anak-anak.

7. Mengendalikan ketombe

Akumulasi sebum, sel-sel mati, residu produk, dan kotoran lainnya pada kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut. Folikel rambut yang tersumbat tidak dapat menerima nutrisi dan kelembapan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Penumpukan pada kulit kepala dapat menyebabkan masalah seperti kerontokan rambut berlebihan dan pertumbuhan rambut yang lambat. Selain itu, penumpukan ini juga dapat menyebabkan infeksi jamur seperti ketombe, yang akan lebih memperburuk kualitas rambut.

Penggunaan pepaya dapat memberikan pembersihan mendalam pada kulit kepala dan membantu mencegah masalah-masalah tersebut. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu memecah dan melonggarkan penumpukan pada kulit kepala sehingga dapat dibersihkan dengan mudah.

8. Sebagai kondisioner rambut

Enzim kimia papain yang terdapat dalam pepaya membantu melarutkan lapisan minyak dan kotoran yang menempel pada rambut untuk membersihkan secara menyeluruh.

Proses ini memungkinkan penyerapan nutrisi dan kelembapan dengan mudah ke dalam kutikula, yaitu lapisan pori-pori yang merupakan penutup terluar dari batang rambut.

Nutrisi dan kelembapan ini membantu membuat rambut Anda menjadi kuat, berkilau, dan lembut. Selain enzim papain, pepaya juga memberikan sejumlah nutrisi dan kelembapan kepada rambut.

Efek Samping Penggunaan Pepaya

Pepaya umumnya dianggap aman untuk penggunaan topikal, namun hanya dalam jumlah kecil. Buah ini mengandung banyak bahan aktif, termasuk enzim kimia papain, yang dapat terlalu abrasif ketika digunakan dalam jumlah yang tinggi.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap enzim ini tanpa menyadari. Dalam kasus seperti itu, bahkan penggunaan jumlah kecil pepaya dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, iritasi kulit yang parah, dan bahkan pembentukan blister.

Penting untuk berhati-hati ketika menggunakan pepaya dan melakukan uji sensitivitas terlebih dahulu, terutama jika seseorang memiliki riwayat alergi terhadap enzim papain atau bahan aktif pepaya lainnya. Jika ada tanda-tanda reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.

Editor: Nicolaus

Tag:  #manfaat #buah #pepaya #bagi #kesehatan #kulit #rambut #hingga #efek #sampingnya

KOMENTAR