Rekomendasi Obat Pereda Gatal di Pantat Yang Dijual Bebas di Apotek dan Tidak Perlu Resep Dokter
ILUSTRASI: Mengaplikasikan obat gatal di kulit. (Freepik)
17:04
4 Oktober 2024

Rekomendasi Obat Pereda Gatal di Pantat Yang Dijual Bebas di Apotek dan Tidak Perlu Resep Dokter

- Rasa gatal akibat memakai pembalut tentu akan membuat rasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas.

Sebagian orang yang merasakan hal tersebut biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya lecet karena gesekan, iritasi, reaksi alergi, dan bahkan jamur.

Kebanyakan kasus gatal disebabkan oleh sanitary pads panjang karena terjadinya dermatitis kontak. Hal itu membuat beberapa orang berpikir untuk beralih ke pembalut pendek, tampon, bahkan menstrual cup.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada situs medicalnewstoday.com, berikut beberapa pengobatan untuk meredakan dermatitis kontak:

  • Antihistamin
  • Krim steroid
  • Antibiotik topikal, apabila terjadi karena infeksi bakteri

Sebelum berkonsultasi ke dokter, kita bisa menggunakan bedak salisil atau lotion kalamin untuk meredakan rasa gatal akibat dermatitis kontak maupun infeksi jamur.

Ruam akibat gesekan bokong dengan pembalut biasanya akan hilang dalam waktu 2 sampai 3 hari tanpa perlu diobati, sedangkan gatal karena infeksi jamur baru akan reda setelah diberi pengobatan.

Gatal akibat iritasi pembalut bisa muncul kembali ketika siklus haid selanjutnya apabila kamu tidak segera mengganti sanitary pads dengan merk yang baru.

Selain mengganti merk pembalut, kita pun dapat menjadikan tampon dan menstrual cup sebagai alternatif.

Bagian bokong merupakan daerah yang lembab, sehingga menjadikannya tempat paling rawan terjadinya infeksi jamur berupa ruam merah yang terasa gatal.

Dilansir dari laman alodokter.com, berikut beberapa produk bedak salisil yang dapat meredakan ruam dan gatal karena alergi:

  • Caladine lotion

Kandungan diphenhydramine pada lotion ini dipercaya sangat efektif mengurangi rasa gatal di kulit karena reaksi alergi, direkomendasikan untuk menggunakannya setelah mandi pagi dan sore.

  • Caladine powder

Selain dapat meredakan gatal akibat biang keringat dan alergi, bedak ini juga memiliki sensasi dingin yang terasa nyaman di kulit.

  • Bedak salicyl kimia farma

Selain mengandung 2 persen asam salisilat, bedak ini juga mengandung zinc oxide, menthol, dan camphor. Cocok digunakan untuk meredakan biang keringat dan iritasi kulit.

  • Herocyn

Salah satu produk legend ini sejak dulu dikenal sebagai bedak yang berkhasiat untuk meredakan gatal-gatal. Selain itu, mampu melindungi kulit dari kelembaban berlebih.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #rekomendasi #obat #pereda #gatal #pantat #yang #dijual #bebas #apotek #tidak #perlu #resep #dokter

KOMENTAR