Simak! Ini Dia 5 Makanan yang Aman Bagi Penderita Diabetes
5 Jenis Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes. (freepik.com)
15:52
4 Oktober 2024

Simak! Ini Dia 5 Makanan yang Aman Bagi Penderita Diabetes

 

 – Diabetes merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan di dalam tubuh agar gula darah tetap stabil. Tak hanya mengkonsumsi obat-obatan, penderita diabetes juga harus menjaga dan memilih asupan makanan yang dapat membantu kadar gula darah di dalam tubuh.

Berikut ini merupakan lima makanan yang aman bagi penderita diabetes yang dilansir dari laman hellosehat dan halodoc pada Jumat (4/10).

  1. Roti Gandum

Makanan pertama yang dapat kamu konsumsi  untuk penderita diabetes, yaitu makanan roti gandum karena mengandung karbohidrat yang dapat memiju lonjakan kadar gula darah.

Selain itu, roti gandung menjadi salah satu jenis roti yang memiliki indeks glikemik dan karbohdirat yang lebih rendah dibandingkan dnegan roti lainnya.

Roti gandum juga mendungan serat, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet karena dapat memperlambat pencernaan dan membantu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangat cocok dijadikan makanan untuk penderita diabetes.

Makanan ubi jalar ini mengandung banyak serat yang dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah pada manusia.

  1. Buah Beri

Selanjutnya, yaitu mengkonsumsi buah beri, seperti buah stroberi dan bluberi. Hal ini karena buah beri mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Kandungan tersebut diketahui dapat membantu untuk mengontrol serta menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, buah beri juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin K, mangan, dan potasium yang bisa mengoptimalkan fungsi tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan pilihan makanan yang cocok dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kamu dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang merah, dan kacang lainnya.

Perlu diketahui bahwa kacang-kacangan mengandung kaya serat , protein, magnesium, dan karbohidrat kompleks yang dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi kacang-kacangan karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga dapat menaikkan berat badan.

  1. Jagung

Jagung memiliki nilai glikemik yang rendah, sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Selain itu, makanan jagung ini juga mengandung serat dan pati. Kandungan tersebut dapat membuat kadar gula darah menjadi tidak cepat naik setelah makan.

Itu dia informasi mengenai lima jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #makanan #yang #aman #bagi #penderita #diabetes

KOMENTAR