Dapat Mencegah Kanker, Inilah 8 Manfaat Pepaya yang Telah Terbukti Secara Ilmiah
Khasiat buah pepaya bagi kesehatan (web/healthline.com)
12:58
4 Oktober 2024

Dapat Mencegah Kanker, Inilah 8 Manfaat Pepaya yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

 

JawaPos.Com - Pepaya adalah buah tropis yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Beberapa senyawa di dalamnya diketahui memiliki sifat anti-kanker dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Dilnsir dari laman manfaat kesehatan dari pepaya yang telah terbukti secara ilmiah.

1. Lezat dan Penuh Gizi

Pepaya berasal dari tanaman Carica papaya, awalnya tumbuh di Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Buah ini mengandung enzim bernama papain, yang bisa membantu memecah protein daging. Karena itu, pepaya sering digunakan untuk melembutkan daging selama ribuan tahun. 

Pepaya yang matang bisa dimakan mentah, tetapi yang belum matang harus dimasak terlebih dahulu karena kandungan lateksnya dapat merangsang kontraksi, terutama berbahaya bagi wanita hamil.

Dalam 152 gram pepaya, terdapat sekitar 59 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, serta vitamin C dan vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat seperti karotenoid, terutama likopen, yang diserap lebih baik dari pepaya dibandingkan buah atau sayuran lain.

2. Mengandung Antioksidan yang Kuat

Antioksidan dalam pepaya dapat membantu menetralisir radikal bebas yang berpotensi merusak tubuh. Studi menunjukkan bahwa pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang tua dan penderita prediabetes, hipotiroidisme ringan, dan penyakit hati. 

Antioksidan dalam pepaya, terutama likopen, membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada DNA yang berhubungan dengan penuaan dan risiko kanker.

3. Memiliki Sifat Anti-Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Papaya dapat bekerja dengan cara mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker. Pepaya bahkan telah menunjukkan aktivitas anti-kanker pada sel kanker payudara, menjadikannya unik dibandingkan buah dan sayuran lainnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi lebih banyak pepaya dapat mendukung kesehatan jantung. Kandungan likopen dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan melindungi jantung dan meningkatkan efek kolesterol baik (HDL).

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen pepaya selama 14 minggu memiliki peradangan yang lebih sedikit dan rasio kolesterol jahat (LDL) yang lebih baik.

5. Membantu Melawan Peradangan

Peradangan kronis adalah penyebab utama berbagai penyakit, dan pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu peradangan. Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan, seperti pepaya, dapat membantu mengurangi penanda peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan karotenoid dapat menurunkan kadar CRP, penanda spesifik dari peradangan.

6. Meningkatkan Pencernaan

Enzim papain dalam pepaya membantu memecah protein, sehingga lebih mudah dicerna. Pepaya sering digunakan sebagai obat alami untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen pepaya selama 40 hari mengalami perbaikan signifikan dalam masalah sembelit dan kembung.

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Antioksidan dalam pepaya, seperti vitamin C dan likopen, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kerutan dan kendurnya kulit akibat penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen likopen selama 10-12 minggu dapat mengurangi kemerahan pada kulit setelah paparan sinar matahari.

8. Lezat dan Serbaguna

Pepaya memiliki rasa yang unik dan banyak disukai. Untuk mendapatkan rasa terbaik, pilih pepaya yang matang sempurna, yang berwarna kuning hingga oranye kemerahan dengan sedikit bintik hijau. Rasa pepaya lebih enak saat dingin, dan dapat dimakan langsung dengan sendok setelah dipotong. Pepaya juga bisa dipadukan dengan makanan lain untuk menambah rasa.

Pepaya adalah buah tropis, dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda dapat merasakan beragam manfaat bagi kesehatan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dapat #mencegah #kanker #inilah #manfaat #pepaya #yang #telah #terbukti #secara #ilmiah

KOMENTAR