Manfaat Nanas untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Bisa Jadi Opsi Setelah Makan Olahan Jeroan Sapi atau Kambing
Ilustrasi buah nanas. kandungan bromelin pada nanas dapat memecah endapan kolesterol dalam arteri. (Freepik)
07:04
4 Oktober 2024

Manfaat Nanas untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Bisa Jadi Opsi Setelah Makan Olahan Jeroan Sapi atau Kambing

- Gejala kolesterol tinggi bukan hanya berlaku bagi kelompok lanjut usia, saat ini tidak jarang mereka yang berumur 20 tahunan atau lebih merasakan hal serupa. Kondisi ini bisa saja terjadi apabila kita memiliki pola hidup yang buruk, misalnya sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak, jarang berolahraga, dan kualitas tidur kurang.

Apabila tidak segera diubah, kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan masalah kesehatan lain, meliputi: stroke, hipertensi, bahkan serangan jantung.

Sebelum penyakit menyerang, kita harus melakukan pencegahan, seperti rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, serta lebih banyak makan buah dan sayur.

Banyak jenis makanan sehat mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, seperti yang disebutkan dalam laman Siloamhospitals.com berikut ini:

Pisang
Sayur bayam
Beras merah
Gandum
Kedelai
Kacang-kacangan
Ikan salmon
Alpukat
Buah beri

Pastikan untuk selalu memasukan daftar makanan tersebut ke dalam isi piringmu, agar tubuh mendapat nutrisi yang cukup sehingga kita terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah biasanya dipicu setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan, seperti seafood, jeroan dan makanan cepat saji.

Selain alpukat, ternyata nanas juga bisa mengurangi kadar kolesterol. Tidak hanya mampu memecah protein, kandungan bromelin pada buah ini pun dapat memecah endapan kolesterol dalam arteri.

Proses ini berfungsi mendukung aliran darah yang sehat, serta meminimalisir risiko terjadinya penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke.

Dilansir pada laman Halodoc.com, berikut ini manfaat nanas untuk mengurangi kadar kolesterol:

- Mampu mencegah terjadinya lemak berlebihan dalam darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular
- Banyaknya kandungan nutrisi pada nanas mampu menjaga kesehatan jantung
- Meminimalisir risiko mengalami hiperkolesterolemia, yaitu kondisi saat kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah
- Cocok dijadikan menu diet karena mengandung rendah kalori dan bisa mencegah peningkatan berat badan

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #nanas #untuk #turunkan #kadar #kolesterol #bisa #jadi #opsi #setelah #makan #olahan #jeroan #sapi #atau #kambing

KOMENTAR