Stop Diet Ekstrem! Mending Coba 7 Jenis Diet Sehat Ini untuk Turunkan Berat Badan
Ilustrasi: Menu diet. (Pexels)
16:00
3 Oktober 2024

Stop Diet Ekstrem! Mending Coba 7 Jenis Diet Sehat Ini untuk Turunkan Berat Badan

Untuk mengurangi berat badan yang berlebih, selain dengan berolahraga, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diet.

Banyak orang percaya bahwa diet hanya berfokus pada pengurangan porsi makan dan kalori. Padahal, diet yang sehat itu adalah dengan menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk melalui makanan dengan kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.

Melakukan diet dengan cara yang kurang sehat dan tepat justru dapat membawa masalah pada kesehatan tubuh.

Sebaliknya, jika dilakukan dengan tepat, diet dapat mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh.

Karena itu, melansir dari laman Healthshots, Kamis (3/10), berikut adalah 7 jenis diet sehat yang dapat Anda pilih untuk menurunkan berat badan.

1. Diet mediterania

Jika Anda penggemar cita rasa yang kaya dan bahan-bahan segar, diet mediterania adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Diet ini didasarkan pada kebiasaan makan tradisional negara-negara, seperti Yunani dan Italia.

Diet ini berfokus pada makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Kuncinya di sini adalah kontrol porsi dan fokus pada lemak sehat dan protein rendah lemak, yang membuat Anda kenyang lebih lama dan menahan keinginan untuk terus makan.

2. Diet intermittent fasting (IF)

Diet intermittent fasting atau puasa berselang adalah pola makan yang bergantian antara periode makan dan periode puasa. Diet IF tidak terlalu berkaitan dengan apa yang Anda makan, tetapi kapan Anda makan.

Salah satu metode yang populer adalah pendekatan 16/8, di mana Anda berpuasa selama 16 jam dan makan selama jendela waktu 8 jam.

Metode lainnya adalah metode 5:2, di mana Anda makan seperti biasa selama lima hari dan mengurangi asupan kalori secara signifikan pada dua hari lainnya.

IF dapat efektif untuk menurunkan berat badan karena membantu mengendalikan asupan kalori Anda, dan ketika Anda makan lebih sedikit, Anda cenderung tidak makan berlebihan.

Selain itu, puasa dapat membantu mengatur kadar insulin, sehingga tubuh Anda lebih mudah membakar lemak.

3. Diet DASH

Pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi (DASH) awalnya dirancang untuk menurunkan tekanan darah, tetapi juga baik untuk menurunkan berat badan.

Diet ini berfokus pada buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian utuh sambil membatasi asupan natrium, gula, dan lemak tidak sehat.

Karena berfokus pada makanan kaya nutrisi, diet ini akan membuat Anda merasa kenyang dan puas, sehingga lebih mudah untuk menjalaninya dalam jangka panjang.

Diet ini sangat baik bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kesehatan jantung sambil menurunkan berat badan.

4. Diet vegan

Pola makan ini penuh dengan buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang secara alami rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Dengan menghindari daging, susu, dan telur, Anda juga menghilangkan banyak lemak jenuh. Pastikan Anda juga menambahkan makanan yang kaya protein dan nutrisi penting, seperti B12 dan zat besi untuk menghindari risiko kekurangan nutrisi.

5. Diet ketogenik

Diet ketogenik (keto) adalah tentang mengurangi atau membatasi asupan karbohidrat secara drastis dan meningkatkan konsumsi lemak. Rinciannya adalah sekitar 70-75 persen lemak, 20-25 persen protein, dan 5-10 persen karbohidrat.

Karena tubuh Anda membakar lemak untuk energi, bukan karbohidrat, diet keto dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat.

Sangat penting untuk merencanakan makanan Anda dengan hati-hati untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan saat berada dalam ketosis.

6. Diet pescatarian

Diet pescatarian merupakan pilihan yang tepat jika Anda menginginkan manfaat dari diet vegan, tetapi belum siap untuk meninggalkan makanan laut.

Diet ini mencakup banyak buah, sayuran, biji- bijian utuh, dan kacang-kacangan, beserta ikan dan makanan laut sebagai sumber protein utama.

Ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon dan makarel, kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi peradangan.

Karena diet ini berbasis tumbuhan dan mencakup protein rendah lemak, diet ini efektif untuk menurunkan berat badan.

7. Diet tinggi protein, rendah karbohidrat

Jika Anda ingin membangun otot sambil membuang lemak, diet tinggi protein dan rendah karbohidrat dapat menjadi pilihan diet terbaik untuk Anda.

Diet ini berfokus pada makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan susu, bersama dengan sayuran non-tepung.

Dengan mengurangi asupan karbohidrat, tubuh Anda dipaksa untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya, mirip dengan diet ketogenik.

Protein membantu Anda tetap kenyang, mendukung pertumbuhan otot, dan membakar lebih banyak kalori selama proses pencernaan.

Diet ini efektif untuk menurunkan berat badan, terutama bagi mereka yang menggabungkannya dengan latihan kekuatan secara teratur.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #stop #diet #ekstrem #mending #coba #jenis #diet #sehat #untuk #turunkan #berat #badan

KOMENTAR