Benarkah Nanas Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!
Ilustrasi nanas segar turunkan berat badan. (Freepik)
13:55
3 Oktober 2024

Benarkah Nanas Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

 

Nanas merupakan buah yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menjalani diet. Hal ini dikarenakan manfaat tersebut diperoleh dari berbagai kandungan di dalam nanas. 

Dikutip melalui Kementerian Kesehatan RI (3/10), buah nanas mengandung air, serat, mineral, fosfor, kalium, natrium, dan vitamin C yang tinggi.

Beberapa manfaat nanas untuk kesehatan adalah melancarkan sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, dan melawan peradangan.

Selain itu, nanas merupakan buah yang rendah kalori, sehingga tidak akan menambah kalori terlalu banyak.

Hal lain ialah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah protein di dalam tubuh manusia.

Berdasarkan urain tersebut, nanas juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Lantas, benarkah demikian? Simak penjelasannya!

Manfaat Nanas 

Dikutip dari Vinmec, meskipun kulit luar nanas terbilang kasar, namun bagian dalam nanas mengandung vitamin C dalam jumlah besar. 

Vitamin ini tidak hanya membantu tubuh meningkatkan daya tahan tubuh dam mencegah infeksi, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit pernapasan. 

Di sisi lain, efek antioksidan nanas juga disebabkan oleh komposisi flavonoid, asam fenolik, dan vitamin C yang membantu mengurangi risiko timbulnya sejumlah penyakit kronis dan kanker.

Selain menyediakan vitamin C dalam jumlah besar bagi tubuh, nanas juga memiliki manfaat lain seperti membantu tulang tumbuh secara berkelanjutan.

Lalu, Apakah Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan?

Buah nanas kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan karena rendah kalori dan memiliki kadar air yang tinggi. 

Secangkir nanas hanya mengandung sekitar 142 kalori, sehingga cocok dijadikan camilan bagi seseorang yang sedang defisit kalori.

Nanas juga mengandung 2,31 gram serat yang akan menjaga rasa kenyang lebih lama setelah makan serta mengurangi keinginan untuk ngemil.

Selain itu, cuka nanas juha dapat  membantu mengontrol berat badan, karena dapat memengaruhi aktivitas gen yang berkaitan dengan obesitas.

Hal ini memengaruhi mikrobiota usus dengan mengubah jenis bakteri dalam usus tikus. Hal itu dapat memengaruhi kesehatan dan berat badan secara keseluruhan.

Untuk itu, disarankan saat menurunkan berat badan dengan nanas sebagai berikut:

Kombinasikan dengan Protein

Kamu dapat mengonsumsi nanas dengan sumber protein seperti yogurt tanpa pemanis, kacang-kacangan atau keju.

Makan Nanas Sebelum Olahraga

Nanas kaya akan karbohidrat, sumber energi yang dibutuhkan sebelum berolahraga.

Makan nanas sebelum berolahraga akan membantu mengisi bahan bakar dalam tubuh dan meningkatkan performa. Sehingga olahraga menjadi lebih efektif untuk membakar kalori.

Makan Seimbang

Menurunkan berat badan akan lebih efektif jika mengombinasikan nanas ke dalam makanan yang seimbang. 

Misalnya memadukan nanas dengan protein tanpa lemak, seperti ayam atau ikan, bisa juga dengan menambahkannya ke salad atau tumisan.

   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #benarkah #nanas #bisa #turunkan #berat #badan #simak #penjelasannya

KOMENTAR