Terlalu Banyak Mengetik dan Main Game Online Ternyata Bisa Picu Penyakit, Ini Penjelasan Dokter
Ilustrasi mengetik. Kebanyakan menggunakan jari lewat mengetik maupun main game online ternyata dapat membuat seseorang mengalami kelainan pada tulang tangan. (TSTO)
22:12
30 September 2024

Terlalu Banyak Mengetik dan Main Game Online Ternyata Bisa Picu Penyakit, Ini Penjelasan Dokter

- Kebanyakan menggunakan jari lewat mengetik maupun main game online ternyata dapat membuat seseorang mengalami kelainan pada tulang tangan. Hal ini bisa dari yang ringan maupun berat.

Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi Konsultan Hand, Upperlimb, Microsurgery Siloam Hospitals dr. Aakash, M.Biomed, Sp.OT, mengatakan bahwa ada beberapa kelainan yang dialami orang ketika terlalu banyak mengetik dan main game.

"Biasanya kalau seperti itu kan kita sudah bisa mengambil kesimpulan, ini adalah kelainan atau kondisinya yang bisa dilakukan adalah gerakan repetitif dan overuse. Berulang dan berlebihan. Nah, gitu," ujarnya kepada wartawan, Senin (30/9).

Pada kondisi masalah tangan ini, ia mengatakan bahwa beberapa kelainan pada tulang maupun sendi dapat terjadi.

"Biasanya yang paling sering pada tangan, yang saya temui, ada satu namanya trigger finger," kata dr. Aakash.

Trigger finger adalah kondisi ketika urat di tangan yang merupakan extension of tendon tak lagi berfungsi normal untuk menaikkan jari.

"Jadi, kadang-kadang dikembalikannya harus harus ditekuk," tuturnya.

"Atau kalau yang lebih berat lagi, dibantu pada tangan satunya karena gak bisa dikembalikan, harus dibantu, baru balik di situ," sambung dr. Aakash.

Selain itu, terlalu banyak mengetik dan main game juga dapat membuat saraf terjepit.

Untuk terhindar dari masalah akibat kebanyakan mengetik hingga main game itu, dr. Aakash menyarankan untuk tak terus memforsir pergerakan jari.

"Lima menit, 10 menit stretching dulu aja. Banyak banget di Youtube, di mana pun, di Google lah. Itu kan banyak banget stretching. Stretching buat tangan-tangan, untuk finger-finger, lakukan," pungkasnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #terlalu #banyak #mengetik #main #game #online #ternyata #bisa #picu #penyakit #penjelasan #dokter

KOMENTAR