Tips Mengonsumsi Obat Herbal bersama Obat Kimia dengan Cara yang Sehat, Cegah Efek Samping yang Tidak Diinginkan
Ilustrasi tips mengonsumsi obat herbal bersama obat Kimia.. (Pexels/Karolina Kaboompics)
16:18
29 September 2024

Tips Mengonsumsi Obat Herbal bersama Obat Kimia dengan Cara yang Sehat, Cegah Efek Samping yang Tidak Diinginkan

 

Suplemen herbal atau obat herbal sering kali terbuat dari tanaman utuh atau bagian tanaman seperti daun, akar, biji, atau bunga. Karena berasal langsung dari tanaman, seringkali suplemen ini dianggap sebagai alternatif alami.

Suplemen alami atau obat herbal sering kali dipasarkan sebagai pengobatan alami untuk berbagai kondisi kesehatan. Banyak orang yang meminum obat herbal keliru dan beranggapan bahwa obat ini tidak berbahaya. Padahal minum obat herbal terkadang dapat mengganggu pengobatan yang telah diresepkan dokter atau obat kimia yang dijual bebas di pasaran.

Namun, jangan remehkan efek biologis obat yang kuat. Beberapa obat herbal mengandung senyawa yang dapat mengganggu jalur tubuh yang sama seperti obat resep dan obat yang dijual bebas di warung. Obat herbal tertentu dapat mengubah cara tubuh ketika menyerap, memetabolisme, atau merespon obat resep dokter.

Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas obat, tetapi juga dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya dalam beberapa kasus. Untuk itu, penggunaan obat herbal perlu diperlakukan dengan pertimbangan yang sama seperti obat apapun, terutama saat digunakan bersamaan dengan perawatan lainnya.

Dilansir dari eatingwell, ada 3 tips mengonsumsi obat herbal bersama obat kimia untuk memastikan mendapatkan manfaat dari obat herbal tanpa mengorbankan kesehatan.

Konsultasikan dengan dokter

Ahli diet terdaftar Bree Phillips, MS, RD, menyarankan untuk mengonsumsi obat herbal dengan aman, maka orang tersebut perlu berkonsultasi dengan penyedia layanan Kesehatan atau dokter terkait. Hal ini untuk membantu mereka menentukan dosis yang tepat.

Konsultasi ini juga dilakukan untuk menilai apakah obat herbal yang dibuat memiliki potensi risiko atau interaksi dengan obat kimia yang diresepkan. Dokter akan memastikan bahwa obat herbal tersebut dapat mendukung atau tidak pada kesehatan secara keseluruhan.

Pilih produk yang teruji

Meskipun sudah ada Badan Pengawas Obat dan Makanan, penting untuk setiap orang memilih produk dari merek atau brand yang memiliki reputasi yang baik dan membeli dari tempat yang terpercaya. Hal ini untuk membantu memastikan produk yang terbaik.

Pastikan memilih produk obat herbal yang telah tersertifikasi pihak ketiga pada labelnya sebelum dikonsumsi. Obat yang telah tersertifikasi oleh Badan POM berarti sudah melewati tahap uji dan bisa dikonsumsi dengan aman.

Pertimbangkan waktunya

Beberapa obat herbal mungkin baik dikonsumsi setelah makanan, sementara obat herbal lain mungkin akan lebih efektif ketika diminum sebelum makan atau perut kosong. Untuk itu, ikuti petunjuk khusus agar penyerapan dan efektivitas obat bekerja dengan optimal.

Jika kalian memiliki pertanyaan tentang obat herbal dan rejimen pengobatan  yang baik, bicarakan dengan dokter yang terkait. Terutama jika obat herbal tersebut menjadi pendukung untuk kondisi kesehatan tertentu yang dialami.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #mengonsumsi #obat #herbal #bersama #obat #kimia #dengan #cara #yang #sehat #cegah #efek #samping #yang #tidak #diinginkan

KOMENTAR